Kamis 13 Dec 2018 06:00 WIB

Pesawat Alva Trans Dirgantara Tergelincir

Tak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Hafil
Pesawat Alfa Trans Dirgantara tergelincir di Bandara Kasonaweja.
Foto: Dok Republika
Pesawat Alfa Trans Dirgantara tergelincir di Bandara Kasonaweja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat Alfa Trans Dirgantara tergelincir di Bandara Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua pada Rabu (12/12). Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Berdasarkan keterangan yang diterima Republika.co.id dari Polda Papua, pada pukul 06.40 WIT pesawat Alfa Trans Dirgantara dengan Pilot bernama Tohirin lepas landas dari Bandara Sentani tujuan Bandara Kasonaweja..

"Pesawat itu membawa 7 penumpang yang terdiri dari 6 orang dewasa dan 1 orang anak-anak," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Rabu (12/12).

Lalu, pada pukul  08.15 WIT pesawat Alfa Trans melakukan pendaratan di Lapangan Terbang Kasonaweja. Namun pada saat itu cuaca hujan dan landasan tergenang air. Sehingga, pesawat pin tergelincir melewati Ujung Lapangan Terbang.

"Selanjutnya pilot keluar dari pesawat dan membuka pintu pesawat dan para penumpang keluar dari pesawat untuk menyelamatkan diri," kata Kamal menjelaskan.

Adapun identitas penumpang tersebut yakni Martinus, Ronald; Elly; Amos; Filipus; Aser; dan Epi. Polisi pun melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan evakuasi korban ke RS Kawera Kasonaweja untuk dilakukan pemeriksaan oleh pihak Medis. Pesawat juga dievakuasi pesawat ke landasan.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, dan hanya saja satu orang dibawa ke puskesmas Kasonaweja karena mengalami shock," ucap Kamal.

Berdasarkan keterangan masyarakat yang berada di bandara, pesawat tersebut saat pendaratan sudah setengah dari panjang lapangan terbang sehingga dimungkinkan pilot tidak bisa mengendalikan pesawat tersebut sehingga tergelincir dan keluar dari area lapangan terbang.

Polres Mamberamo Raya bersama instansi terkait serta masyarakat melakukan evakuasi pesawat ke landasan. Sementara untuk pilot diamankan di Pos BKO Brimob Polres  Mamberamo Raya untuk dimintai keterangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement