Sabtu 08 Dec 2018 15:06 WIB

Sarana-Prasarana ke Gunung Argopuro Mulai Dibangun

Pengerjaan pembangunan akses jalan sepanjang delapan kilometer

Pemandangan dari Bukit Inspirasi di kawasan wisata Gucialit dengan latar puncak gunung Lemongan, Argopuro dan Raung
Foto: Republika/Hazliansyah
Pemandangan dari Bukit Inspirasi di kawasan wisata Gucialit dengan latar puncak gunung Lemongan, Argopuro dan Raung

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, Jawa Timur, membangun sarana dan prasarana serta akses jalan ke objek wisata alam Gunung Argopuro dan Situs Rengganis.

"Pengerjaan pembangunan akses jalan sepanjang delapan kilometer dari pintu masuk jalur pendakian Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang sudah selesai dan telah digunakan oleh pengunjung wisata," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Situbondo, Gatot Siswoyo di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (8/12).

Ia menjelaskan dari total pembukaan jalan sepanjang delapan kilometer di lereng Gunung Argopuro, baru sepanjang tiga kilometer yang telah dilakukan pengaspalan (hotmix) dan dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Sedangkan pembukaan jalan sepanjang lima kilometer hingga rest area belum diaspal namun tetap dapat dilalui kendaraan roda empat dan roda dua.

"Kalau anggaran untuk pembukaan jalan dan pengaspalan ke wisata Rengganis dialokasikan dari APBD Kabupaten Situbondo sekitar Rp8 miliar," ujarnya.

Ia menambahkan tidak hanya membangun akses jalan, namun di sekitar tempat peristirahatan juga dibangun sarana dan prasarana penunjang wisata lainnya, seperti spot untuk swafoto bagi pengunjung dengan latar belakang alam pegunungan.

Pembangunan sarana prasarana serta akses jalan di sejumlah objek wisata itu untuk menyambut tahun kunjungan wisata 2019 yang telah dicanangkan Pemkab Situbondo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement