Jumat 30 Nov 2018 23:03 WIB

Meminta RTB, Pesawat Wings Air Mendarat Selamat

Wings Air telah memberikan kompensasi kepada penumpang berdasarkan ketentuan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
Wings Air
Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Wings Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pesawat Wings Air registrasi PK-WFY dengan nomor penerbangan IW-1256, Jumat (30/11), sempat meminta kembali ke bandara asal atau return to base (RTB). Selanjutnya, pesawat member Lion Air Group tersebut mendarat selamat di bandara Asal yaitu Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Corporate Communications Strategic Wings Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan pesawat yang menggunakan ATR 72-500 tersebut semula melayani rute Bandara Internasional Kualanamu menuju Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing (FLZ), Tapanuli Tengah, Sumatra Utara. Danang memastikan sejak awal penerbangan pesawat tersebut sudah sesuai prosedur.

Sebelum diterbangkan menuju Sibolga, kata dia, pesawat telah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan. “Lalu ini dinyatakan laik terbang,” kata Danang dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat malam (30/11).

Dia melanjutkan, pesawat tersebut sudah lepas landas dari Kualanamu pukul 11.30 WIB. Pesawat tersebut juga membawa 58 penumpang beserta dua pilot dan dua pramugari. Salah seorang penumpang di pesawat tersebut dikabarkan merupakan Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Menurut Danang, dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal. “Permintaan RTB dikarenakan technical yang harus segera dilakukan pengecekan,” ujar Danang.

Dia menegasakan, keselamatan penerbangan merupakan prioritas dan keputusan pilot tersebut. Untuk itu, permintaan RTB dipastikan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Danang mengatakan, pesawat tersebut pada akhirnya mendarat dengan selamat pada 12.50 WIB di Bandara Internasional Kualanamu. Setibanya di Kualanamu, Danang memastikan seluruh penumpang diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu terminal untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan pelayanan.

Wings Air menginformasikan penundaan keberangkatan IW-1256 kepada seluruh penumpang dan memberikan kompensasi keterlambatan berdasarkan ketentuan. Wings Air juga memfasilitasi sesuai permintaan penumpang antara lain melakukan pengembalian dana, perubahan jadwal berangkat menurut aturan yang berlaku.

“Wings Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” ujar Danang.

Terkait dengan pesawat registrasi PK-WFY, pilot dan teknisi langsung berkoordinasi dan kerja sama untuk melakukan penanganan. Begitu juga pengecekan serta pemeriksaan pada pesawat.

Danang mengatakan Wings Air telah menerbangkan kembali nomor IW-1256 pukul 14.22 WIB dengan menggunakan pesawat Wings Air lainnya yaitu ATR 72-600 registrasi PK-WHH. Pesawat tersebut membawa 30 penumpang dan empat kru dan tiba dengan selamat di Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing pukul 15.20 WIB.

Saat ini, pesawat tersebut juga sudah kembali mengudara dari Sibolga menuju Kualanamu pukul 15.55 WIB dengan nomor penerbangan IW-1257. Pesawat telah mendarat pukul 17.00 WIB di Bandara Internasional Kualanamu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement