Kamis 29 Nov 2018 17:10 WIB

Petugas Kumpulkan 30 Ribu Liter Sampah dari Pulau Pari

Di pulau-pulau tertentu, hanya perahu sampah kecil yang dapat bersandar.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas membersihkan sampah di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Kamis (29/11).
Foto: Dok. Sudin LH Kep. Seribu
Petugas membersihkan sampah di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Kamis (29/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas kebersihan dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kabupaten Kepulauan Seribu membersihkan sampah yang mengambang di pantai Pulau Pari, Kamis (29/11). Dalam aksi pembersihan sampah tersebut, petugas mengumpulkan sampah dengan bobot mencapai 30 meter kubik atau setara dengan 30 ribu liter.

Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman mengatakan, pihaknya mengerahkan sekitar 30 orang petugas untuk membersihkan sampah sejak pagi hingga sore hari. "Tadi giat bersih-bersih bersama pak Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad dan 30 petugas kebersihan di pantai dan laut sekitar Pulau Pari," kata Yusen kepada Republika.co.id, Kamis (29/11).

Yusen mengatakan, pembersihan wilayah laut Kepulauan Seribu dilakukan petugas kebersihan setiap hari. Namun, kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi, ombak yang tinggi dan wilayah laut yang luas kerap menghambat kinerja petugas.

Terlebih lagi, tidak semua ukuran kapal pengangkut sampah dapat bersandar. Di pulau-pulau tertentu, hanya perahu sampah kecil yang dapat bersandar. Hal tersebut menyebabkan sampah yang dibawa tidak begitu banyak karena kapasitas perahu yang kecil.

"Setiap hari sampah kami bersihkan, tapi ketika satu wilayah itu sudah bersih, besoknya ada lagi sampah itu. Seperti cukur kumis besoknya tumbuh lagi, selalu begitu," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement