Senin 26 Nov 2018 19:49 WIB

Persi Minta Piutang RS Mitra BPJS Segera Dibayar

Bila utang BPJS tak dibayar maka berpotensi membuat RS menjadi 'sakit'

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Warga mendaftar program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Tebet, Jakarta, Rabu (5/8).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga mendaftar program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Tebet, Jakarta, Rabu (5/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) meminta piutang rumah sakit (RS) yang bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bisa segera dibayar. Ketua Umum Persi Kuntjoro Adi Purjanto berharap piutang RS yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan bisa dibayar tepat waktu.

"Karena klaim dari RS yang telah diverifikasi dan sanggup akan dibayar BPJS Kesehatan sebetulnya bukan pendapatan melainkan biaya yang telah dikeluarkan RS. Jadi artinya kalau semakin lama tidak dibayar atau tidak dibayar tepat waktu maka cashflownya kan terganggu," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (14/11). 

Meski nantinya BPJS Kesehatan membayar denda 1 persen, namun ia mempertanyakan sampai kapan hal itu dilakukan. Meski RS pemerintah tidak sampai gulung tikar, namun piutang mempengaruhi modal kerja fasilitas kesehatan (faskes) bersangkutan.

Hal itu karena harus menyesuaikan kondisi keuangannya bahkan untuk menutupnya terpaksa berutang. Jika hal tersebut terus dilakukan, ini akan menurunkan kepercayaan RS, hingga supply-nya. 

"Kesimpulannya semakin cepat utang dibayar (BPJS Kesehatan) maka semakin baik. Kalau tidak, maka RS berpotensi menjadi 'sakit'," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement