Kamis 22 Nov 2018 04:21 WIB

Wali Kota Sukabumi Instruksikan Jumat Bersih

Jumsih dilakukan satu jam di di level pemkot hingga kelurahan Sukabumi.

Rep: Riga Iman/ Red: Indira Rezkisari
Wali Kota Sukabumi terpilih, Achmad Fahmi (kiri).
Foto: Antara/Budiyanto
Wali Kota Sukabumi terpilih, Achmad Fahmi (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menginstruksikan kepada setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menggiatkan Jumat Bersih (Jumsih). Upaya ini dilakukan untuk menjadi contoh bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan Kota Sukabumi yang bersih, indah dan nyaman.

Program Jumsih ini dilakukan selama satu jam di lingkungan masing-masing OPD Pemkot Sukabumi. Misalnya untuk OPD dan BUMD serta kecamatan dan kelurahan dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 08.30 WIB.

Sementara untuk perusahaan dan pelaksana kegiatan dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB. Lokasi Jumsih adalah lingkungan sekitar kantor OPD, BUMD, kecamatan dan kelurahan serta perusahaan dan pelaksana kegiatan masing-masing. Instruksi Wali Kota Sukabumi tersebut tertuang dalam Surat Nomor : 188.55/3-DLH/2018 tentang Pelaksanaan Kegiatan Jumsih di Kota Sukabumi

‘’Tujuan jumsih ini dalam rangka mewujudkan Kota Sukabumi yang bersih, indah dan nyaman,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi Rabu (21/11). Dalam surat tersebut disebutkan agar sampah organik berupa sisa makanan, daun dan potongan rumput yang dikumpulkan dari hasil pelaksanaan Jumsih, supaya dijadikan bahan pupuk organik atau kompos.

Kegiatan ini juga lanjut Fahmi untuk meningkatkan kesadaran para pegawai akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, nyaman dan indah. Jumsih juga untuk menumbuhkan jiwa persatuan dan gotong royong dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta melatih para pegawai dalam mengolah sampah organik.

Meningkatnya kebersihan lingkungan di Kota Sukabumi ini kata Fahmi merupakan salah satu dambaan semua pihak. ‘’Kami minta program Jumsih ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,’’ cetus dia. Hal ini untuk mewujudkan dan meningkatkan kebersihan lingkungan Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement