Rabu 21 Nov 2018 00:12 WIB

Warga Bandung Diminta Teladani Sikap Rasul dalam Berperilaku

Peringatan Maulid Nabi diharapkan bisa mejadi momen mengintrospeksi diri.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Gita Amanda
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW diperingati tiap tanggal 12 Rabiul Awal. Bukan hanya sekadar peringatan, tapi banyak makna yang bisa diambil lewat perayaan hari lahir Nabi Muhammad SAW tersebut.

Hal ini dikatakan Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Oded mendorong warganya mengambil makna dari perayaan Maulid Nabi Muhammad. Salah satunya dengan meneladani sikap dan akhlak terpuji beliau.

"Nah yang harus kita ambil adalah spirit dari keteladanan Rasulullah SAW, itu yang   harus kita teladani, kita lakukan," kata Oded di sela-sela kegiatannya di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Selasa (20/11) lalu.

Oded mengatakan sesuai dengan ajaran dalam agama Islam, Allah memerintahkan kaumNya untuk mencintai Rasulullah. Bukti kecintaan ini salah satunya dengan meneladani sikap terpuji nabi.

Umat Islam, kata dia, harus mengikuti ajaran Nabi Muhammad sebagai kekasih Allah SWT yang ditugaskan membimbing manusia. Termasuk akhlak yang dicontohkan Nabi dalam segala aktivitas.

Oleh karenanya, ia berharap peringatan Maulid Nabi bukan hanya seremoni semata. Tapi mengintrospeksi diri agar bisa lebih baik lagi sesuai ajaran Islam.

"Jadi memaknai daripada maulid nabi itu adalah saya mengimbau bahwa umat Islam harus mencintai rosul dengan meneladani keteladanan beliau," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement