Senin 12 Nov 2018 08:56 WIB

Umrah, Azimat Ibu, dan Visi Saudi 2030

Umrah bersama keluarga merupakan bentuk kecintaan, terutama kepada ibunda.

Ikhwanul Kiram Mashuri
Foto:

Anak muda lain yang sangat hormat dan bakti kepada orangtuanya adalah kakak beradik Garibaldi Thohir--biasa dipanggil Boy Thohir--dan Erick Thohir. Kedua bersaudara ini termasuk dalam deretan orang-orang terkaya di Indonesia.

Boy antara lain menjabat sebagai Presiden Direktur Adaro Energy, salah satu perusahaan batu bara terkemuka di dunia. Sedangkan Erick, selain sebagai pengusaha sukses, ia juga menjadi ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

Sebagai tanda bakti anak kepada kedua orangtuanya, lihatlah bagaimana dua bersaudara--plus kakak perempuannya Hireka Vitaya--ini membangun sebuah masjid megah di kawasan perumahan Podomoro dekat lapangan golf Emeralda, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Menurut Boy, masjid yang akan berwarna serbaputih ini dipersembahkan untuk kedua orang tuanya, terutama ayahnya Mochamad Teddi Thohir yang wafat pada 1 November 2016. Masjid ini dinamai at-Thohir, diambil dari nama ayahnya, yang bermakna suci dan dilambangkan dengan warna putih.

Peletakan batu pertama masjid yang berada di kawasan seluas 9.000 meter ini telah dilakukan pada 31 Maret lalu. Masjid dua tingkat ini seluas 4.000 meter, dibangun di atas tanah 2.000 meter. Sekeliling masjid akan dihiasi dengan lahan hijau dan taman yang luas lengkap dengan sungai kecil yang mengalir di sisi masjid.

Masjid ini juga didesain dengan simbol ikatan keluarga. Kubah utama, paling besar, terletak di atas mihrab, melambangkan sang ayah sebagai imam bagi keluarganya. Lalu tiga kubah berukuran sedang melambangkan dua putra dan seorang putri almarhum Teddy Thohir. Sedangkan kubah-kubah kecil yang mengeliling kubah sedang dan besar adalah simbol cucu-cucu.

Lambang Ibunda Thohir bersaudara merupakan bangunan utama masjid itu sendiri. Sebab, ibu merupakan penopang keluarga, pendukung, dan pemersatu anggota keluarga. Menurut Boy Thohir, ayahnya selalu berpesan bahwa sebelum mengingat bapak, ingatlah ibumu, ibumu, dan ibumu, hingga tiga kali. Ibumu yang barus didahulukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement