Sabtu 10 Nov 2018 11:10 WIB

Republika Gelar Pelatihan Jurnalistik Online Hari Ini

Republika.co.id juga mengadakan pelatihan mengelola media online/website.

Suasana pelatihan jurnalistik online Republika di Gedung Republika, Sabtu (10/11).
Foto: Republika
Suasana pelatihan jurnalistik online Republika di Gedung Republika, Sabtu (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID  JAKARTA -- Portal berita Republika.co.id kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Online untuk Milenial dan umum, Sabtu (10/11) ini. Materi pelatihan ini seputar dasar-dasar jurnalistik online mulai dari menulis, fotografi, hingga videografi.

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Online, Ichsan Emrald, mengatakan pelatihan berlangsung selama sehari penuh, dari pagi hingga menjelang Magrib. Para pemateri, kata Ichsan, berasal dari wartawan/redaktur senior Republika koran dan Republika.co.id baik untuk materi penulisan, foto, dan video.

Baca Juga

"Delapan puluh persen materi lebih ke teknis dan praktik," kata Ichsan, yang juga redaktur di Republika.co.id.

Target pelatihan ini, papar Ichsan, para peserta yang terdiri dari 68 orang ini bisa memahami dan menulis berita dasar. Juga, mengetahui dasar-dasar fotografi dan video hingga mampu mempraktikkannya sesuai standar jurnalistik.

Para peserta juga diharapkan mampu memilah dan membedakan mana informasi-informasi yang akurat dan tidak akurat. Informasi-informasi yang tergolong hoaks atau berita palsu maupun informasi-informasi yang memang memiliki narasumber dan fakta yang jelas.

Peserta yang hadir pada pelatihan kali ini, menurut Ichsan, berasal dari pelajar, mahasiswa, dan aktivis LSM (lembaga swadaya masyarakat). "Ada yang datang dari luar Jawa juga," kata dia.

Republika.co.id rutin menggelar pelatihan jurnalistik online dan multiplatform yang ditujukan kepada berbagai kalangan. Ada pelatihan jurnalistik khusus generasi milenial, ada yang khusus pegawai-pegawai pemerintahan dan perusahaan swasta, hingga pelatihan jurnalistik untuk pengajar, guru, ustaz, dan dosen-dosen.

Republika.co.id mengadakan pelatihan mengelola media online/website untuk perusahaan, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, hingga webiste-website komunitas. Semua materi pelatihan ini digabungkan dengan pemahaman media sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement