Jumat 09 Nov 2018 06:56 WIB

Stasiun Buaran Baru Diuji Coba Hari ini

PT Kereta Commuter Indonesia melakukan uji coba pengoperasian Stasiun Buara Baru.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan
Pembangunan proyek peron Stasiun Buaran (ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pembangunan proyek peron Stasiun Buaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) akan menggunakan stasiun Buaran baru dalam waktu dekat. Setelah merampungkan modernisasi Stasiun Cakung dan Stasiun Klender, kali ini Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB), Kementerian Perhubungan berhasil merampungkan modernisasi Stasiun Buaran.

VP Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia, Eva Chairunisa mengungkapkan modernisasi yang dilakukan BTPWJB dengan membangun total fisik Stasiun Buaran. "Kini fisik bangunan Stasiun Buaran lebih strategis dan modern dibandingkan sebelumnya," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/10).

Apabila letak Stasiun Buaran sebelumnya berada di depan rusun Klender, maka kini letak bangunan baru Stasiun Buaran berada persis dekat dengan persimpangan antara Jalan I Gusti Ngurah Rai dengan Jalan Radin Inten. Bergeser 480 meter ke arah barat dan atau arah Jatinegara dari bangunan lama Stasiun Buaran.

Bangunan dua lantai yang dilengkapi dengan satu unit lift di pintu masuk utara, satu unit lift dan satu unit eskalator menuju peron ini siap diuji coba pengoperasiannya mulai hari ini. Pada lantai bawah tersedia satu peron yang melayani 2 jalur kereta ke arah Bekasi dan Jatinegara.

"Tak hanya itu, dilokasi baru ini Stasiun Buaran juga terintegrasi dengan Transjakarta melalui halte Busway Perumnas Klender yang mengarah ke Pulo Gebang dan Jatinegara," jelas Eva.

Untuk melayani kesiapan pelayanan, ia mengungkapkan, PT KCI juga telah memenuhi fasilitas transaksi tiket. Stasiun Buaran baru ini terdapat 4 loket, 3 loket untuk pembelian, isi ulang, refund dan 1 loket untuk fare adjustment serta 9 gate elektronik. Untuk mendukung pelayanan sejumlah petugas penjualan, pelayanan, dan pengamanan juga telah disiapkan.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pengguna KRL sampai dengan saat ini sudah ada 3 stasiun yang berhasil modernisasi. Tiga stasiun ini berada dalam jalur operasi KRL lintas Bekasi - Jatinegara. Ketiga Stasiun tersebut yakni Stasiun Cakung, Stasiun Klender dan Stasiun Buaran.

Eva mengatakan dalam waktu dekat dua stasiun lainnya juga akan menyusul selesai dimodernisasi. Yakni Stasiun Kranji dan Stasiun Klender Baru yang saat ini masih dalam tahap pembangunan juga akan segera dioperasikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement