Selasa 06 Nov 2018 17:55 WIB

Daerah Ini Diminta Waspadai Curah Hujan Tinggi

Dalam tiga hari ke depan konsentrasi curah hujan meluas ke wilayah Jawa.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Friska Yolanda
Petani membawa padi yang terendam banjir dengan menggunakan perahu di area persawahan Desa Blang Leuah, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (13/10).
Foto: ANTARA FOTO
Petani membawa padi yang terendam banjir dengan menggunakan perahu di area persawahan Desa Blang Leuah, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan akan ada peningkatan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R Prabowo mengatakan dalam tiga hari ke depan konsentrasi curah hujan meluas ke wilayah Jawa. 

"Hal ini disebabkan adanya perlambatan dan area pertemuan angin yang memanjang dari Jawa bagian Timur hingga Barat sehingga meningkatkan kelembapan udara di wilayah Jawa," kata Prabowo, Senin (5/11). 

Kondisi ini, kata dia, dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode beberapa hari ke depan. Beberapa wilayah yang perlu waspada hujan lebat dan angin kencang antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, untuk potensi gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter diperkirakan terjadi di Perairan Enggano-Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Lampung dan Selat Sunda bagian selatan. Gelombang tinggi juga perlu diwaspadai di Perairan Selatan Jawa hingga Lombok, Selat Bali dan Selat Lombok bagian selatan, Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Lombok.

Lebih lanjut, Prabowo mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan hujan. Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin kemungkinan akan terjadi di wilayah dengan curah hujan tinggi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement