Senin 05 Nov 2018 16:11 WIB

Kompetisi Pemuda Inspiratif Berakhir

Delapan pemenang ini akan berkompetisi di tingkat nasional.

Kemenpora
Foto: Kemenpora
Kemenpora

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Kompetisi Pemuda Inspiratif yang berlangsung di Kediri, Gresik, Bandung, dan Tangerang, berakhir 4 November lalu. Kompetisi yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia ini, berakhir meriah dengan kehadiran para bintang tamu yang spektakuler. Di Gresik kehebohan Pemuda Inspiratif tak lepas dari bintang tamu Ifan dan Herman Seventeen yang meramaikan venue Tugu I Love GKB.

Serupa dengan Gresik, suasana penutupan juga meriah di Kediri dengan hadirnya Klantink yang tampil di Simpang Lima Gumul. Di Tangcity Mall Tangerang, Sisitipsi berhasil memukau ribuan penonton yang hadir. Dan, yang tak meriah adalah hadirnya bintang tamu Nineball di Lapangan Gasmin Antapani.

Sebanyak delapan pemenang masing-masing empat putra dan empat putri mewakili kota tersebut untuk melangkah ke kompetisi nasional. Di Gresik, Pemuda Inspiratif dimenangkan oleh Alfatania Sekar Ismaya dengan ide aku sang penebar inspirasi kebanggaan negeri dan Danial Farros M (modernisasi pengelolaan tambak laut daerah pesisir dengan menggunakan “AWET”). 

Sementara, wakil Tangerang adalah Rezha Hasmi dengan ide Satu Kelurahan Satu Koperasi dan Sandika Dewi dengan ide kreatif Speak Disability Academy Powered by: Speak Project. Pemaparan presentasi yang penuh percaya diri dan konsep membuat kedua peserta tersebut menjadi pemenang.

Dari Kediri, peserta yang berhasil menjadi pemenang adalah M Ilham Nurhakim dengan ide Aplikasi Alquran Isyarat Untuk Anak Disabilitas Tuna Rungu. Ide brilian ini diciptakan oleh Ilham agar dapat membangu anak tuna rungu untuk dapat membaca Alquran. 

Pemenang Kediri tidak hanya Ilham, melainkan juga Winda Firdayanti melalui ide I-Was yang merupakan kependekan dari Integrated Waste Aquaculture System). I-Was adalah solusi pemanfaatan sampah organic untuk kegiatan perikanan berbasis ecopreneurship. 

Kemudian, gelar juara Pemuda Inspiratif Bandung diraih oleh Putri Novianty dan Budi Iskandar keduanya pun mendapat slot untuk berkompetisi di tingkat nasional di Serang seperti para pemenang dari kota lainnya. Ide kreatif putri cukup unik yakni berjudul Baper yang merupakan kependekan dari Banana Paper. Baper adalah sebuah ide dengan memanfatkan pohon pisan untuk dijadikan kertas. 

“Dengan adanya ide saya ini saya harap penggunaan pohon pohon yang ada di hutan mampu digantikan oleh tanaman pisang yang sangat mudah untuk tumbuh jadi pembuatan kertas,” ujar Putri.

Selain Putri, Budi Iskandar juga mewakili Bandung dengan idenya Komunitas Ngesah yakni sebuah bentuk gerakan kecil untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerah yang kualitas sumber daya manusianya masih minim. 

Delapan pemenang ini, nantinya akan bergabung dengan para pemenang dari kota sebelumnya untuk berkompetisi di tingkat nasional. Kompetisi nasional Pemuda Inspiratif digelar di Pendopo Kabupaten Serang pada 9-11 November 2018. Satu pemenang terbaik diantara para pemenang kota, akan mendapat gelar juara nasional Pemuda Inspiratif. 

Pada gelaran Pemuda Inspiratif Tangerang, turut hadir Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Esa Sukmawijaya yang mengungkapkan bahwa perjuangan peserta belum selesai. “Tahap terakhir dari Pemuda Inspiratif akan segera dimulai. Tentu kami berharap para peserta sudah mempersiapkan yang terbaik seperti mengembangkan ide yang telah dipresentasikan sebelumnya,” ujar Esa.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement