Selasa 30 Oct 2018 05:22 WIB

Langkah Awal Calon Wirausaha Ubah Mindset

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) PSDKU Yogyakarta menggelar seminar wirausa

Mahasiswa UBSI Yogyakarta antusia mengikuti seminar wirausaha dengan narasumber dari Gapura Digital Yogyakarta.
Foto: Dok UBSI
Mahasiswa UBSI Yogyakarta antusia mengikuti seminar wirausaha dengan narasumber dari Gapura Digital Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Yogyakarta kembali menyelenggarakan seminar wirausaha. Seminar kali ini diadakan di Aula UBSI PSDKU Yogyakarta, Jalan Ring Road Barat, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta, Rabu (24/10).

Seminar yang bertemakan Set Up Your Mind To Be A Young Entreprenuer  ini diikuti oleh 82 mahasiswa semester satu program studi Sistem Informasi. Kali ini dengan mengundang Project Officer Gapura Digital Yogyakarta, Dimas Ragil Mumpuni sebagai nara sumer utama.

Gapura Digital (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Berbasis Digital) merupakan program Google yang bertujuan membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dimas dalam materinya menyampaikan, dasar menumbuhkan minat wirausaha dimulai dengan mengubah pola pikir (mindset). “Langkah awal yang harus dimiliki oleh calon wirausaha yakni harus mengubah mindset. Mindset yang berkaitan bahwa modal usaha tidak hanya uang, tetapi dengan niat dan tekad. Sedangkan modal uang dapat dicari,” kata Dimas dalam rilis UBSI yang diterima Republika.co.id, pekan lalu.

Dimas menambahkan, langkah selanjutnya, yaitu menemukan ide-ide baru sebagai pondasi awal jenis usaha yang akan dikembangkan nantinya. Selain itu, analisa kebutuhan pasar juga memiliki peran penting untuk menentukan sasaran konsumen dari jenis usaha yang dibangun.

“Dengan analisa kebutuhan pasar, berarti kita akan mengetahui keinginan konsumen seperti apa, dan itu akan menjadi peluang menuju sukses,” kata Dimas.

Noor Hasan, staf BSI Entrepreneur Center (BEC) UBSI Yogyakarta menjelaskan,  seminar itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam memulai usahanya.

"Tujuan utama kegiatan ini mengubah mindset mahasiswa untuk menjadi wirausaha sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan,  bukan hanya menjadi pencari kerja," papar Noor Hasan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement