Jumat 26 Oct 2018 18:48 WIB

Pulau Seribu Raih Anugerah Proklim Nasional 2018

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi daerah-daerah lain.

Rep: Muhammad Ikhawanuddin/ Red: Andi Nur Aminah
Kabupaten Kepulauan Seribu menerima penghargaan Kampung Iklim 2018.
Foto: Dok. Pemkab Kepulauan Seribu
Kabupaten Kepulauan Seribu menerima penghargaan Kampung Iklim 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rukun Warga (RW) 04 kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu meraih penghargaan Pembina Kampung Iklim (Proklim) tahun 2018 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Ketua RW 04, Titi, dan Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad di Gedung Manggala Wanabakti, Rabu (24/10).

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan hasil kerja kolaborasi Pemkab Kepulauan Seribu dan warga dalam menjaga lingkungan di pulau. Ia berharap, penghargaan ini menjadi pemicu daerah lain untuk turut menjaga lingkungan di sekitarnya. "Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi daerah-daerah lain," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman menuturkan, warga yang memenangkan penghargaan tersebut karena berhasil membuat beberapa program yang berkaitan dengan lingkungan.

Program tersebut adalah daur ulang sampah anorganik seperti plastik botol, plastik sedotan dan styrofoam, penanaman mangrove, buah-buahan dan bunga, serta pengolahan air hujan sehingga dapat dimanfaatkan ketika musim kemarau. "Selain itu, warga juga mengolah sendiri sampah organik menjadi pupuk kompos dengan skala rumah tangga," ucapnya kepada Republika.co.id Jumat (26/10).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement