Jumat 19 Oct 2018 16:22 WIB

Di Manakah Potongan Jasad Khashoggi?

Polisi Turki menelusuri hutan di sekitaran Istanbul.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Jamal Khashoggi
Foto:
Maher Abdulaziz Mutreb di Konsulat Saudi saat hilangnya Khashoggi pada 2 Oktober lalu.

Petunjuk baru bagi tim penyelidik Turki menunjukkan rekaman pengawas dari ratusan kamera di sekitar kota yang menuntun kendaraan milik konsulat Saudi telah berkendara hingga ke hutan Belgard. Hutan itu berada di ujung utara Selat Bosporus di Eropa dan Provinsi Yalova.

Ihlas News Agency, mengutip penduduk setempat di Provinsi Yalova mengatakan, sebuah minivan yang sama dengan kendaraan konsulat terlihat berada di wilayah tersebut beberapa kali.

Perluasan penyelidikan ke hutan dan lahan pertanian luas itu dilakukan setelah beberapa jam penyelidik menggeledah rumah Konsul Jenderal Saudi selama hampir sembilan jam dan pencarian kosulat untuk yang kali keduanya.

Jaksa Penuntut Umum Istanbul menjalankan penyelidikan ini. Mereka merilis sebuah pernyataan yang menggarisbawahi bahwa penyelidikan Khasoggi telah memenuhi seluruh norma penyelidikan internasional dan nasional yang relevan.

"Turki telah mengikuti hukum dan perjanjian internasional serta telah mengambil 'tindakan terbuka dan transparan' dalam kasus Khashoggi," ujar Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, seperti dikutip Daily Sabah.

Foto terbaru

Salah satu anggota rombongan Saudi yang masuk ke konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada hari hilangnya Khashoggi diduga merupakan ajudan dari Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS). Hal itu terungkap dari rilis foto-foto kamera pengawas CCTV konsulat yang bocor ke sejumlah media Turki.

 

 

 

Pejabat Turki mengidentifikasikan pria tersebut adalah Maher Abdulaziz Mutreb yang kerap berada bersama MBS saat perjalanannya ke Amerika Serikat, Prancis, dan Spanyol tahun ini.

Para pejabat Turki mengatakan, pria tersebut terbang ke Istanbul dengan jet pribadi bersama dengan seorang ahli autopsi pada 2 Oktober dan bertolak kembali pada malam harinya. Hari itu persis seperti terakhir kalinya kolumnis Washington Post yang kerap mengkritik keras pangeran Saudi, memasuk konsulat Saudi dan tidak terlihat lagi setelah itu.

"Gambar ini menunjukkan sosok Mutreb pada pukul 16:53 waktu setempat di rumah konsul, kemudian pada pukul 17:15 memeriksa sebuah hotel. Dia kemudian terrekam kamera bandara dalam pemeriksaan keamanan bandara pada pukul 17:58 sebelum terbang dari Istanbul," tulis laporan media Pemerintah Turki, Sabah, yang dilansir laman Aljazirah, Jumat (19/10).

Daily Sabah menyatakan, Khashoggi dibunuh oleh 15 orang tim pembunuh yang terbang dengan dua pesawat. Mereka dalam tugasnyam kemudian menginterogasi, menyiksa, dan memutilasi Khasoggi di Konsulat Saudi.

Pada Kamis (18/10) waktu setempat, rekaman video tersebar melalui Sabah yang mengaitkan tersangka dalam kasus ini dan putra mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement