Jumat 19 Oct 2018 16:22 WIB

Di Manakah Potongan Jasad Khashoggi?

Polisi Turki menelusuri hutan di sekitaran Istanbul.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Jamal Khashoggi
Foto: Instagram/@jkhashoggi
Jamal Khashoggi

REPUBLIKA.CO.ID,  Sudah lebih dari dua pekan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, hilang. Investigator pun semakin yakin Khashoggi telah dibunuh di dalam gedung Konsulat Saudi di Istanbul.

Hal itu dikuatkan bukti rekaman yang beredar di media, meski belum secara resmi dikonfirmasi. Dalam rekaman audio itu, terdengar bagaimana Khashoggi diseret dan direbahkan di atas meja sebuah ruangan.

Di sana, nasib Khashoggi yang kerap mengkritik kebebasan ekspresi di Saudi berakhir tragis. Ia dibunuh dan dimutilasi dengan cara yang sangat tak wajar. 

Jika laporan itu benar, lantas di manakah jasad Khashoggi? Apakah dibuang di suatu tempat di Turki? Atau jasad itu di bawa ke Saudi?

Penyidik Turki masih terus mencari potongan-potongan kasus ini. Penggeledahan telah dilakukan, baik di gedung konsulat maupun kediaman Konsul Saudi.

Baca juga, Sumber: Butuh Tujuh Menit untuk Bunuh Khashoggi.

Otoritas berwenang Turki juga memperluas pencarian Khasoggi. Pencarian tersebut diperluas ke sebuah hutan di Istanbul dan lahan pertanian luas di Provinsi Yalova yang terletak di seberang Laut Marmara.

photo
Khashoggi

"Mereka memperjelas, usaha mereka bukan lagi mencari jenazah jurnalis, melainkan mencari sisa-sisa potongan tubuhnya," tulis media Daily Sabah, mengutip keterangan polisi, Jumat (19/10).

Rekaman pengawasan video yang dikumpulkan polisi dari sekitar Konsulat Saudi menunjukkan sebanyak 26 kendaraan keluar di hari Khasoggi hilang. Sebagian besar kendaraan kembali, dan dua lainnya yang diduga membawa tim pembunuh Khasoggi, tidak kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement