Senin 01 Oct 2018 17:37 WIB

Logistik dan Tim Relawan Solusi Zakat Bertolak ke Donggala

Upaya penggalangan dana juga akan dilakukan lebih masif.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah relawan mendata bantuan korban pascagempa dan tsunami Palu Donggala di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Senin (1/10).
Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Sejumlah relawan mendata bantuan korban pascagempa dan tsunami Palu Donggala di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Senin (1/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Solusi Zakat mengirimkan tim relawan dan bantuan pendukung penanganan darurat bagi korban gempa bumi dan tsunami di wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Tim relawan berikut bantuan ini telah diberangkatkan menuju Donggala dan Palu dari Bandara Internasional Adi Sucipto, Yogyakarta, melalui Makassar, Ahad (30/9).

Dari Bandara Hasanuddin Makassar, tim relawan dan bantuan tersebut selanjutnya akan bergerak ke Palu dan Donggala menggunakan transportasi darat.

"Dengan perjalanan darat ini, diperkirakan bakal memakan waktu 5 hingga 8 jam perjalanan lagi," ungkap Direktur Umum Solusi Zakat, Harjito, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/10).

Ia juga menyampaikan, Solusi Zakat mengirimkan tim relawan untuk membantu proses evakuasi para korban, assesment wilayah bencana, dan membantu kebutuhan logistik para korban di Donggala dan di Palu.

”Tahap awal kami mengirimkan relawan dengan misi membantu proses evakuasi para korban dan assesment wilayah bencana agar kami bisa mengetahui kondisi lapangan secara langsung," katanya.

Sehingga, lanjut Harjito, bantuan yang diberikan untuk recoveri pascabencana bisa lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan para korban.

Proses evakuasi para korban dan bantuan logistik seperti dapur umum, air bersih, obat-obatan, menjadi misi pertama tim Solusi Zakat, sesampainya di Donggala dan Palu.

Bantuan ini sifatnya juga fleksibel. Jika di lokasi bencana lebih membutuhkan barang-barang atau tenaga yang lainnya juga akan diupayakan.

"Kami mohon doanya dari para donatur dan masyarakat agar pengiriman tim relawan dapat berjalan dengan lancar dan selamat hingga sampai rumah kembali," jelasnya.

Guna mendukung misi kemanusiaan di Donggala dan Palu ini, tambah Harjito, upaya penggalangan dana juga akan dilakukan lebih masif di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bekasi.

Baik ke personal-personal, komunitas-komunitas, instansi/perusahaan-perusahaan, dan masjid-masjid. Termasuk membuka seluas-luasnya penggalangan dana baik di area offline maupun di area online.

"Untuk itu, kami juga memohon support dan partisipasinya dari para donatur untuk menyisihkan sebagian hartanya baik itu berupa zakat maupun infak, dana personal, maupun komunitas bagi para  korban di Donggala dan Palu," lanjutnya.

Solusi Zakat merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infak, sedekah, dan dana-dana sosial lainnya

Dana zakat dari para donatur akan disalurkan pada yang benar benar membutuhkan. "Kali ini kami fokus untuk program kemanusiaan di Donggala dan Palu," ujar Harjito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement