Kamis 27 Sep 2018 17:22 WIB

Lagi, 2 Kereta Daop Purwokerto Gunakan Rangkaian Baru

Kereta Purwojaya dan Kutojaya Utara akan menggunakan bodi stainless steel.

Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO --  Dua kereta api yang diberangkatkan dari wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto akan menggunakan rangkaian baru. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir PP dan KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen PP akan menggunakan rangkaian baru dengan bodi terbuat dari 'stainless steel'.

"Perubahan rangkaian ini akan dilakukan mulai tanggal 28 September 2018 bertepatan dengan HUT Ke-73 KAI," katanya, Kamis (27/9).

KA Purwojaya yang semula terdiri atas delapan kereta eksekutif dengan kapasitas total 400 tempat duduk akan diganti dengan sembilan kereta eksekutif new image dengan kapasitas 450 tempat duduk.

Sementara KA Kutojaya Utara yang sebelumnya terdiri atas delapan kereta ekonomi dengan kapasitas total 848 tempat duduk akan diganti menjadi sembilan kereta premium new image dengan kapasitas 720 tempat duduk. Jarak antartempat duduknya menjadi longgar dan lebih nyaman.

Supriyanto mengharapkan perubahan stamformasi atau rangkaian pada dua KA tersebut makin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api.

"Apalagi okupansi atau tingkat keterpenuhan kedua KA tersebut selama ini sangat bagus. Untuk KA Purwojaya rata-rata terpenuhi 89 persen dari tempat duduk yang disediakan, sedangkan KA Kutojaya Utara rata-rata 103 persen dari tempat duduk yang tersedia," katanya.

Kendati dilakukan perubahan rangkaian kereta, dia mengatakan jadwal perjalanan dua KA tersebut tidak mengalami perubahan. Ia mengatakan PT KAI (Persero) secara bertahap akan melakukan penggantian rangkaian kereta pada KA-KA yang ada di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto. Sebelumnya, pada tanggal 27 Agustus 2018 juga telah dilakukan perubahan menjadi rangkaian 'new image' pada KA Sawunggalih Pagi dan KA Sawunggalih malam relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta Pasarnenen PP.

"Kami juga memberikan tarif khusus 'go show' yang dapat dimanfaatkan masyarakat, yakni untuk KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto dan sebaliknya sebesar Rp 30 ribu serta KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto dan sebaliknya sebesar Rp 35 ribu. Untuk pemesanan tiket bisa melalui aplikasi KAI Access, termasuk pembelian tarif khusus 'go show' yang dilayani dua jam sampai satu jam sebelum jadwal KA," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement