Selasa 25 Sep 2018 21:18 WIB

Indohun Buat Platform Pendidikan Kesehatan Digital

Peluncuran platform ini diharapkan bisa memperkuat sistem pendidikan kesehatan

Indonesia One Health University Network (Indohun) menginisiasi i-Learn, yaitu dengan membuat platform pendidikan kesehatan digital
Foto: Istimewa
Indonesia One Health University Network (Indohun) menginisiasi i-Learn, yaitu dengan membuat platform pendidikan kesehatan digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia diproyeksikan menempati posisi ketiga dalam daftar Top 5 Buyers of Mobile Learning Products and Services di seluruh dunia pada tahun 2017. Proyeksi ini menggambarkan bahwa Indonesia merespons baik perkembangan teknologi yang semakin menggerus metode konvensional.

Di dunia pendidikan pun tak mau ketinggalan. Perkembangan berbagai startup Indonesia semakin mendekatkan masyarakat dengan metode belajar e-learning.

Startup yang bergerak di bidang pendidikan di antaranya adalah 7Pagi dan BulletinBoard yang mendigitalisasi aktivitas komunikasi antara guru di sekolah dan orangtua murid. Sehingga aktivitas anak lebih terpantau, HarukaEdu yang memungkinkan memperoleh gelar sarjana dengan metode e-learning, HomeworkHero dan Mejakita yang memungkinkan siswa belajar dengan teman sebaya untuk memecahkan soal-soal pelajaran sekolah secara online.

Merespon perkembangan yang terjadi saat ini, Ketua Dewan Guru Besar FKM UI yang juga merupakan Adjunct Professor di Department of Infectious Disease and Global Health, Cummings School of Veterinary Medicine,Tufts University, Massachusetts, USA, Prof. Wiku Adisasmito, mengungkapkan bahwa institusi pendidikan di Indonesia harus mulai menawarkan pendidikan yang berkualitas untuk mahasiswanya. Hal ini agar tidak terlindas oleh pasar internasional.

"Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia adalah dengan menerapkan metode belajar e-learning," ujar Prof Wiku Adisasmito dalam rilisnya, Selasa (25/9).

Untuk itu Indonesia One Health University Network (Indohun) menginisiasi i-Learn, yaitu dengan membuat platform pendidikan kesehatan digital. Selain itu mengajak berbagai institusi pendidikan untuk berkolaborasi dalam menyediakan ilmu pengetahuan yang dapat diakses berbagai kalangan.

Topik pembelajaran yang ditawarkan utamanya terkait konsep “One health”, kesehatan masyarakat, dan kesehatan global yang merupakan fokus utama kegiatan Indohun. Peluncuran platform ini diharapkan dapat memperkuat sistem pendidikan kesehatan di Indonesia dengan membangun jejaring antar institusi. Platform i-Learn kini dapat diakses melalui tautan https://indohun.learnbook.com.au/ atau www.i-learn.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement