Senin 24 Sep 2018 09:01 WIB

Imunisasi MR di NTT Capai 76,17 Persen

Cakupan NTT sudah jauh di atas rata-rata nasional.

Seorang balita menangis ketika dokter menyuntikkan vaksin Measle-Rubella (MR) di salah satu Puskesmas di Kota Kupang, NTT, Rabu (19/9).
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Seorang balita menangis ketika dokter menyuntikkan vaksin Measle-Rubella (MR) di salah satu Puskesmas di Kota Kupang, NTT, Rabu (19/9).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur merilis sampai dengan minggu ke-7 pelaksanaan kampanye imunisasi Measles-Rubella (MR). Tercatat imunisasi sudah mencapai 76,17 persen atau 1.327.857 anak dari total sasaran proyeksi 1.743.359 anak.

Berdasarkan jurnal kesehatan mingguan yang dirilis oleh Dinas Kesehatan NTT di Kupang, Senin (24/9), menyebutkan capaian itu memang belum berhasil mencapai target. Walaupun jika dibandingkan dengan cakupan rata-rata nasional sebesar 47,42 persen, maka cakupan NTT sudah jauh di atas rata-rata nasional.

Di tingkat nasional, NTT berada di urutan tiga tertinggi di bawah Provinsi Papua Barat dan Bali. Dan tiga kabupaten dengan cakupan tertinggi adalah kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dengan prosentase 100 persen.

Menyusul Kabupaten Sumba Timur 82,17 persen kemudian yang ketiga adalah kabupaten Timor Tengah Selatan dengan jumlah prosentase mencapai 81,99 persen. Sementara itu tiga kabupaten dengan cakupan terendah adalah Kabupaten Alor dengan jumlah prosentase 66,76 persen, Manggarai Barat 68,29 persen, dan kabupaten Ende dengan jumlah prosentase 68,60 persen.

Jika dibandingkan dengan rata-rata cakupan nasional maka seluruh kabupaten atau kota di NTT dinilai sudah di atas rata-rata nasional. Namun jika dibandingkan dengan rata-rata provinsi maka ada sembilan kabupaten atau kota dengan cakupan di atas rata-rata provinsi, sedangkan 13 lainnya berada di bawah rata-rata provinsi NTT.

Walaupun sesuai target nasional NTT berada di urutan ketiga nasional, namun pada pekan ketujuh itu dari target absolut 175.556 anak yang diimunisasi hanya tercapai sekitar 159.216 anak.

Kepala Dinas Kesehatan NTT Dominikus Minggus Mere ketika dihubungi di Kupang mengharapkan agar sampai akhir September ini target 100 persen dapat tercapai. "Kita harapkan target yang kami targetkan bisa tercapai di sisa hari di bulan September ini," tambahnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement