Senin 10 Sep 2018 19:11 WIB

Jalur Alternatif Baru di Jalan Cikidang Sukabumi Diusulkan

Pembangunan jalur baru Cikidang diusulkan mengggunakan lahan perkebunan teh.

Rep: Riga Iman/ Red: Indira Rezkisari
Bangkai bus yang masuk jurang di jalur Jalan Cikidang-Palabuhanratu Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukanumi berhasil dievakuasi Ahad (9/9) siang.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Bangkai bus yang masuk jurang di jalur Jalan Cikidang-Palabuhanratu Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukanumi berhasil dievakuasi Ahad (9/9) siang.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kalangan DPRD Provinsi Jawa Barat mengusulkan adanya jalan alternatif baru di Jalur Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar. Upaya ini untuk mencegah terulangnya kecelakaan lalu lintas di jalur yang terkenal rawan tersebut.

Sebelumnya, sebuah bus wisata masuk ke dalam jurang di Jalur Cikidang-Palabuhanratu di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Sukabumi pada Sabtu (8/9) siang. Dampaknya, 21 orang penumpang meninggal dunia dan 17 orang lainnya mengalami luka-luka.

‘’Ke depan perlu dipikirkan alternatif jalur baru untuk menghindari tikungan dan turunan tajam letter S di Cikidang,’’ ujar anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jabar Abdul Muis kepada Republika.co.id, Senin (10/9). Pembangunan jalur baru ini bisa dikoordinasikan dengan pihak perkebunan PTPN 8 yang lokasinya berada di sekitar jalur Cikidang-Palabuhanratu.

Rencana ini ungkap Muis, sebagaimana yang pernah ditempuh untuk menangani jalur rawan kecelakaan tanjakan Emen Lembang, Bandung. Di jalur Cikidang ini pun rencananya akan dibuat jalur baru menggunakan lahan perkebunan teh.

Muis menuturkan, ia sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub ) Provinsi Jabar untuk segera dilakukan penanganan dan kajian lapangan alternatif jalur baru. Bahkan rencana ini juga akan disuarakan dalam forum Komisi IV DPRD Jabar dengan mitra kerjanya dari berbagai instansi terkait.

Muis akan meminta pimpinan komisi IV DPRD untuk melakukan kunjungan resmi komisi ke jalur Cikidang. Tujuannya dalam upaya advokasi anggaran penanganan turunan Cikidang yang merupakan jalur rawan kecelakaan. Dukungan anggaran di anggaran perubahan maupun anggaran murni 2019.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam penyampaian visi misi 2018-2023 menyampaikan akan menggenjot sektor wisata Jabar sebagai unggulan peningkatan PAD kedepan. Hal ini dinilai sudah sewajarnya terlebih di Sukabumi terdapat destinasi geopark Ciletuh yang sudah diresmikan oleh UNESCO sehingga mendapat perhatian pemerintah baik pusat dan daerah.

‘’Untuk menunjang target kunjungan wisata yang optimal perlu ditunjang fasilitas pendukung sarana prasarana,’’ imbuh Muis.  Terutama jalan yang nyaman dan aman bagi pengguna jalan dan wisatawan lokal maupun regional dan internasional.

Wakil Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanagara menambahkan, memang ada rencana pembangunan atau perluasan jalan di jalur Cikidang-Palabuhanratu. Langkah tersebut untuk mencegah terulangnya kembali kecelakaan di jalur Cikidang yang rawan terjadi kecelakaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement