Senin 10 Sep 2018 00:36 WIB

Denpasar Bangun Kota dengan Motto 'Sewaka Dharma'

Sewaka Dharma memiliki arti melayani adalah kewajiban.

Bali, Denpasar
Bali, Denpasar

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sebagai ibukota Provinsi Bali, Denpasar berkembang menjadi kota yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyaratnya. Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengakui Denpasar sebagai urat nadi perkembangan Bali harus terus berinovasi dalam pembangunan.

Rai Mantra mengatakan, melayani masyarakat yang heterogen merupakan tantangan tersendiri bagi pemimpin daerah, khususnya Denpasar. Rai Mantra mengatakan, dirinya membangun Denpasar dengan berpedoman pada 'Sewaka Dharma'

"Yang memiliki arti, melayani adalah kewajiban," kata wali kota, dalam keterangan persnya, Ahad (9/9).

Sehingga, kata dia, dalam memaksimalkan pembangunan sebagai upaya memberikan kesejahteraan rakyat, seluruh perangkat dinas selalu melayani dengan maksimal dan berbahagia dalam pengabdian.

"Motto Sewaka Dharma telah ditanamkan di seluruh lapisan pemerintahan mulai dari instansi tertinggi hingga desa/lurah sebagai ujung tombak pembangunan. Sehingga sinergitas antar lini dapat tercipta dalam upaya mempercepat pembangunan kota," tegasnya.

Sewaka Dharma, kata dia, merupakan motto yang fundamental dalam berbagai pelayanan di Kota Denpasar sebagai bentuk reformasi birokrasi dalam memberi kemudahan kepada masyarakat," ujarnya.

Dengan beragam kemudahan pelayanan yang diberikan, menurutnya, tentu dapat memantik kesadaran masyarakat diberbagai bidang. Seperti halnya kesadaran tertib administrasi kependudukan, kemudahan perijinan yang dapat menciptakan trend positif terhadap iklim investasi serta tumbunya wisausaha melalui UMKM yang dalam lima tahun terakhir terus bertambah.

Sehingga motto Sewaka Dharma ini tidak hanya menjadi retorika semata, melainkan mengandung makna yang meresap dalam setiap denyut nadi pembangunan kota. Hal ini dapat dilihat di Mal Pelayanan Publik Sewaka Dharma sebagai gedung terpadu dengan beragam layanan satu pintu, arena bermain, extream park, rumah pintar, bus sekolah,youth park, taman lalu lintas, ekowisata, jogging track, wisata sungai dan masih banyak fasilitas lainya yang dapat dimanfaatkan masyarakat kota.

"Beragam fasilitas dan kegiatan yang tersedia merupakan buah pengembangan motto Sewaka Dharma yang selalu berupaya dalam memberikan kebahagiaan kepada masyarakat, baik kebahagian lahiriah dan batiniah, sehingga saat mengurus adminitrasi masyarakat berbahagia dan saat berekreasi juga berbahagia karena beragam fasilitas sudah ada di tengah kota," ujar Rai Mantra.  

Berbagai inovasi ini membawa pengaruh positif terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Kebahagiaan Masyarakat (IKM) Kota Denpasar yang terus meningkat selama lima tahun terakhir. Berbagai pelayanan dan inovasi tersebut dipadukan dengan pengembangan teknologi informasi dalam Denpasar Smart City namun tetap berakar pada warisan budaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement