Selasa 04 Sep 2018 22:12 WIB

Festival Lada Memotivasi Petani di Lampung

Produksi lada dalam tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan.

Lada
Foto: [ist]
Lada

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Ada banyak cara untuk memotivasi para petani. Di Bandarlampung misalnya, Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Lampung menggelar kegiatan Festival Petik Lada di Kabupaten Lampung Timur. Kepala Dinas Perkebunan Dessy Desmaniar Romas mengatakan kegiatan ini akan membangkitkan gairah dan semangat para petani untuk meningkatkan hasil produksi lada daerah setemat.

"Tahun 2018 di Lampung ada kegiatan festival petik lada, semoga dengan acara ini dapat meningkatkan hasil produksi lada di Provinsi Lampung," kata Dessy, Selasa (4/9).

Ia menyebutkan produksi lada dalam tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan akibat cuaca ekstrem dan hama penyakit. Dessy menjelaskan, kegiatan festival lada juga dapat menjadi tujuan wisata edukasi yang mampu menarik wisatawan domestik maupun orang-orang yang ingin tahu bagaimana proses produksi lada dari cara menanam sampai memetiknya.

"Lada telah menjadi kebanggaan masyarakat Lampung sejak dulu dan unggulan ekspor unggulan Provinsi Lampung. Dengan adanya kegiatan ini bisa menambah gairah dan semangat untuk meningkatkan produksi lada di Provinsi Lampung," katanya.

Pada 2017 dan 2018, Pemerintah Provinsi Lampung telah memberikan bantuan berupa rehabilitasi tanaman lada di beberapa kabupaten. Salah satunya Kabupaten Waykanan yang mendapatkaan 20 hektare rehabilitasi.

Ia mengharapkan agar festival lada ini bukan hanya dilakukan di Kabupaten Lampung Timur, tetapi dapat berkeliling ke daerah dengan potensi lada yang besar seperti Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Waykanan dan Lampung Utara. 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement