Rabu 22 Aug 2018 23:02 WIB

Wawalkot Yogya: Idul Adha, Saatnya Umat Pererat Persatuan

Kurban bermakna usaha mendekatkan diri kepada Allah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Karta Raharja Ucu
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, berkesempatan jadi khatib dalam shalat Idul Adha 1439 Hijriah di Balai Kota Yogyakarta. Heroe mengangkat tema Aktualisasi Hikmah Idul Adha bagi Kehidupan Zaman Now.

Ia berpendapat, kurban bermakna usaha mendekatkan diri kepada Allah. Perwujudannya, dengan menyembelih hewan dan disedekahkan, khususnya kepada orang-orang yang tidak mampu.

Ada empat hikmah yang dirasa dapat diambil dari peristiwa Idul Kurban. Mulai dari mendahulukan cinta kepada Allah SWT, dengan Nabi Ismail alaihissalam yang menjadi simbol kecintaan dunia.

Ada pula hikmah dari Idul Kurban sebagai ibadah sosial, dan terakhir Idul Adha sebagai momentum persatuan umat Islam. Menurut Heroe, persatuan itu harus bisa diwujudkan mulai dari Kota Yogyakarta, DIY dan Indonesia.

"Marilah kita jadikan momen Idul Adha ini sebagai persatuan umat Islam, khususnya di Indonesia dalam bingkai NKRI dan Pancasila," kata Heroe, Rabu (22/8).

Heroe turut mengingatkan agar umat tidak menyisakan dendam dan iri hati, lebih-lebih karena perbedaan pilihan dan pendapat. Jangan sampai, perbedaan itu malah mengakibatkan putusnya tali silaturahim. Pelaksanaan shalat Idul Adha 1439 Hijriah di Balai Kota Yogyakarta sendiri turut dihadiri Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Komandan Kodim 0734, Letkol Inf Bram Pramudia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement