Jumat 10 Aug 2018 12:28 WIB

BUMN Promosikan Potensi Jabar ke Siswa Mengenal Nusantara

Tujuan SMN untuk tanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada siswa SMA dan SMK

Red: EH Ismail
Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018
Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 30 Siswa SMA dan SMK di Jawa Barat, terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018. Program ini merupakan Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), menuju Provinsi Sulawesi Tenggara yang dilakukan mulai 10 Agustus  sampai 19 Agustus 2018.

Kegiatan SMN ke-4 sejak 2015 ini hasil kerjasama delapan BUMN PIC Jawa Barat antara lain Koordinator/PIC: Jasindo, CO-PIC yaitu Bio Farma, PJT II, PT Dahana, PT Pindad, PT Bahana, PT Inti dan PT Dirgantara Indonesia

Seluruh siswa yang terpilih, sebelumnya telah mengikuti proses seleksi yang diselenggarakan di Bio Farma pada 23 Juli 2018. Mereka terpilih dari 108 siswa / siswi SMA dan SMK yang berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Penyelenggaraan seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, berdasarkan pada pengetahuan mengenai nusantara, wawasan budaya, prestasi akademik atau prestasi lainnya di bidang kesenian, olahraga dan lulus seleksi kesehatan dan administrasi.

Upacara pelepasan peserta SMN Provinsi Jawa Barat sekaligus penerimaan 22 siswa SMN Provinsi Sulawesi Tenggara dilakukan di Gedung Sate Bandung pada 10 Agustus 2018. Pelepasan dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Barat M Iriawan, perwakilan dari kementerian BUMN Bandung Pardede dan jajaran Direksi pelaksana PIC, antara lain Direktur keuangan dan investasi Jasindo, Didit Mehta Pariadi, Direktur Utama Bio Farma M.Rahman Roestan, Direktur Utama PT Bahana, Direktur USDM PT DI, serta perwakilan Direksi dari PJT II, PT Inti, PT Dahana, PT Pindad.

Menurut Direktur keuangan dan investasi Didit Mehta Pariadi tujuan diadakannya acara SMN ini adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air, kepada siswa / siswi SMA & SMK sedini mungkin, dan mengajak mereka untuk melihat kekayaan dan potensi - potensi yang dimiliki oleh Indonesia.

Didit mengatakan, peserta SMN adalah generasi penerus bangsa yang memiliki prestasi gemilang dalam bidang akademik dan bidang lainnya. Sehingga potensi tersebut harus dijaga dan diasah.

M. Iriawan, Pj. Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial, menyampaikan dalam sambutannya, pihaknya menyambut baik dan menerima SMN dari Sulawesi Tenggara di Jawa Barat.

“Kami juga ingin memperkenalkan banyak potensi wisata di Jawa Barat seperti Kawasan Geopark Ciletuh, Museum Gedung Sate serta mensosialisasikan berbagai pembangunan di Jawa Barat yang bersinergi dengan BUMN,” kata Iriawan.

Sebanyak 30 SMN Provinsi Jawa Barat akan dikirim ke provinsi Sulawesi Tenggara. Di provinsi angina mamiri tersebut, mereka akan disambut oleh BUMN lainnya yaitu Inalum dan Antam, untuk mengenal lebih jauh tentang Indonesia dan semua potensi-potensi yang dimiliki Indonesia baik dari Sumber Daya Alamnya, dan kebudayaan.

Sekitar siswa/ siswi dari Provinsi Sulawesi Tenggara, nantinya mereka akan diajak untuk mengenal BUMN PIC Jawa Barat, mempalajari Bela Negara bersama TNI dan Kodam III Siliwangi, mempelajari E-commerce, program BUMN Berbagi Buku, Mengikuti Pelatihan Jurnalistik, serta sharing knowledge tentang pelestarian alam dan konservasi lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement