Kamis 09 Aug 2018 12:27 WIB

Kemendikbud Kirim Alumni Abang None Pelatihan Broadway

Abnon to Broadwat adalah pelatihan seni peran insentif selama 10 hari di Broadway

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemilihan Abang-None
Foto: Antara
Pemilihan Abang-None

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengirimkan tujuh alumni Abang None Jakarta mengikuti program "Abnon to Broadway di New York, Amerika Serikat. Dukungan Kemendikbud tersebut diberikan melalui Beasiswa Unggulan.

"Dengan dukungan ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan standar talenta para alumni Abang None Jakarta menuju standar internasional," kata Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Hilmar Farid pada rilis pers yang diterima Republika.co.id

Hilmar mengatakan, "Abnon to Broadway" adalah program pelatihan seni peran intensif selama 10 hari di Broadway. Program itu diharapkan bisa meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya dalam Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. 

IANTA sebagai organisasi kepemudaan dianggap Hilmar memiliki potensi mewujudkan inovasi karya budaya kreatif yang berdaya saing. Dari kolaborasi yang ada, pengembangan seni peran dan budaya di Indonesia diharapkan bisa dilakukan dari sisi talenta maupun industrialisasi.

Ketua IANTA Ronni Ardhianto menjelaskan, pihaknya mengusung program "Abnon to Broadway" setelah melihat kesuksesan Teater Abnon dalam beberapa pementasan besar. Sejak berdiri hampir 10 tahun, Teater Abnon merupakan buah hasil kerja keras dari Maudy Koesnaedi yang juga merupakan pemenang None Jakarta tahun 1993. 

"IANTA berkeinginan agar Teater Abnon bisa diisi oleh talenta-talenta yang memiliki standar internasional. Dalam mencapai tujuan itu IANTA bekerja sama dengan instansi pendidikan di Broadway, New York, bernama StudentsLive yang memiliki fokus memberikan pelatihan intensif di bawah arahan spesialis Broadway," kata Ronni. 

Para peserta yang diberangkatkan ke New York telah melewati proses tahapan seleksi dengan melibatkan juri independen, termasuk Reza Rahadian, Maudy Koesnaedi, Aimee Saras, dan Asosiasi Casting Indonesia. Tidak hanya dilatih langsung oleh spesialis Broadway, mereka juga mendapatkan banyak pengalaman lain. 

Program #AbnontoBroadway berfokus pada pengembangan kepercayaan diri, kepribadian, dan kepemimpinan para peserta dengan menggunakan teater Broadway sebagai media. Para peserta akan belajar disiplin dan pengembangan karakter selama prosesnya.

Selain workshop, peserta berkesempatan melakukan studi langsung di belakang panggung Broadway dan penghayatan seni di taman publik Central Park dan Chinatown. Mereka juga akan menonton langsung pertunjukan Broadway "Phantom of The Opera", "School of Rocks", "Kinky Boots", "Wicked", dan "Frozen".

Tujuh peserta yang terpilih diberangkatkan dalam dua tahap. Empat alumni Abnon yang diberangkatkan lebih dahulu yaitu Sofura Maulida, Nabila Katyana, Audi Pratama, dan Rinaldy Zulkarnain. Tahap berikutnya menyesuaikan dengan jadwal StudentsLive Broadway. 

IANTA bersama Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud akan mengadakan pelatihan seni peran kepada masyarakat oleh para peserta #AbnontoBroadway. Selain itu, peserta #AbnontoBroadway juga akan berpartisipasi pada pementasan besar 10 Tahun Teater Abnon pada 2019. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement