Senin 30 Jul 2018 08:21 WIB

Pengalihan Arus Lalin Sekitar Bundaran HI Berlaku Malam Ini

JPO Bundaran HI akan mulai dibongkar malam ini

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nidia Zuraya
Pejalan kaki melintas di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran HI di Jakarta, Selasa (24/7).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Pejalan kaki melintas di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran HI di Jakarta, Selasa (24/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembongkaran jembatan penyebrangan orang (JPO) di wilayah Bundaran HI, Jakarta Pusat, rencananya akan dilakukan dua hari ke depan. PT MRT Jakarta bersama dinas terkait pun telah menyusun rekayasa lalu lintas bagi para pengendara yang melintas di sekitarnya.

"Kami bersama dengan seluruh dinas terkait di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyusun metode pekerjaan pembongkaran JPO tersebut yang dinilai paling efektif dan aman," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (29/7) malam.

Rencananya, pembongkaran JPO Bundaran HI dilakukan dalam dua tahap. Pertama, JPO di sisi barat yakni di Jalan MH Thamrin yang mengarah dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Monas dilakukan pada Senin (30/7) pukul 21.00 WIB. Kedua, pembongkaran JPO sisi timur akan dilakukan pada Selasa (31/7) dini hari.

"Sisi timur, Jl MH Thamrin akan ditutup sementara untuk umum pada pukul 01.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB guna melakukan pengangkatan struktur JPO sisi timur," ujar Tubagus.

Pihaknya juga telah menyusun rekayasa lalu lintas di Jalan MH Thamrin yang akan dialihkan. Berikut ini rencana manajemen rekayasa lalu lintas selama pekerjaan pembongkaran JPO Bundaran HI berlangsung:

1. Sehubungan dengan pekerjaan pengangkatan struktur JPO sisi barat pada tanggal 30 Juli 2018, mulai pukul 21.00 WIB sampai dengan 31 Juli 2018 pukul 01.00 WIB Jalan MH Thamrin sisi barat ditutup. Adapun rekayasa lalu lintas yang diberlakukan yaitu sebagai berikut:

• Dari arah selatan Jalan Sudirman, masyarakat yang akan melintasi area Bundaran HI menuju ke arah Monas dapat beralih melalui Jalan Imam Bonjol.

• Dari arah utara, masyarakat masih dapat melintasi area Bundaran HI menuju ke arah Jalan Sudirman hingga pukul 01.00 WIB pada lajur paling kiri.

2. Sehubungan dengan pekerjaan pengangkatan struktur JPO sisi timur pada tanggal 31 Juli 2018, mulai pukul 01.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB Jalan MH Thamrin Sisi Timur ditutup. Adapun rekayasa lalu lintas yang diberlakukan yaitu sebagai berikut:

• Dari arah utara, masyarakat yang akan melintasi area Bundaran HI menuju ke arah Jalan Sudirman dapat beralih melalui Jalan KH Wahid Hasyim atau Jalan Sunda (sebelum Gedung Kedutaan Besar Perancis).

• Bagi masyarakat yang akan beraktifitas di Gedung Kedutaan Besar Perancis, Gedung Sinarmas, Gedung Bank Permata, Gedung Oil Center dapat melalui Jalan MH Thamrin dengan dipandu oleh Petugas dari Kontraktor MRT Jakarta.

• Jalan MH Thamrin akan kembali dibuka untuk umum pada pukul 06.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement