Selasa 17 Jul 2018 17:07 WIB

Hasto: Pengacara Habib Rizieq Nyaleg Lewat PDIP

Hasto membenarkan Kapitra mendaftarkan diri untuk jadi caleg dari PDIP.

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Bayu Hermawan
Pendaftan Caleg Pemilu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai menyerahkan berkas pendaftaran caleg di KPU, Jakarta, Selasa (17/7).
Foto: Republika/ Wihdan
Pendaftan Caleg Pemilu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai menyerahkan berkas pendaftaran caleg di KPU, Jakarta, Selasa (17/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Kapitra Ampera, yang merupakan pengacara Rizieq Shihab, mengajukan diri untuk bisa menjadi anggota legislatif. Kapitra mendaftarkan diri untuk maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sekjen PDIP Hasto Kristoyanto membenarkan hal tersebut. Hasto menyebut bahwa nama Kapitra masuk setelah pihaknya melakukan komunikasi dengan masyarakat di Sumatra Barat.

"Itu betul-betul memang menghendaki adanya jembatan penghubung dengan PDIP sehingga yang bersangkutan (Kapitra) dicalonkan oleh PDIP, dari Dapil Sumbar (Sumatra Barat)," ujar Hasto, Selasa (17/7).

Ketika ditanya mengenai gesekan yang bisa timbul, Hasto menuturkan bahwa PDIP merupakan partai yang membangun jati dirinya sebagai rumah kebangsaan untuk Indonesia Raya. Dengan demikian, mereka yang bergabung dan menyatakan PDIP merupakan partai yang berdiri kokoh di bawah Pancasila, maka dialog pun dilakukan antara dua belah pihak. Harapannya agar seluruh persoalan bangsa dan negara dapat diselesaikan dengan musyawarah, dialog, dan jembatan.

"Itulah yang dibangun oleh PDIP saat ini. Dan, seluruh komponen masyarakat apa pun, setiap warga negara apa pun dukungan politiknya, mereka adalah warga bangsa yang harus diajak berdialog sesuai dengan kepemimpinan Pak Jokowi," ujar Hasto.

Selain Kapitra, Hasto pun memberikan sinyal bahwa PDI Perjuangan merekrut beberapa nama yang sebelumnya aktif dalam Aksi 212. Kapitra merupakan  ahli hukum Indonesia yang berprofesi sebagai pengacara. Ia memimpin sebuah firma hukum yang bernama M. Kapitra Ampera & Associates.

Baca juga: Ini Deretan Artis yang Daftar Jadi Caleg dari PDIP

Dari kalangan politikus, dua menteri dari PDIP, Puan Maharani dan Yasonna Laoly, maju menjadi caleg di Pemilu 2019. Selain itu, anggota Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi, mendaftar sebagai caleg DPR dari PDIP.

Selain itu, sejumlah artis mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, diterimanya pendaftaran artis sebagai caleg membuktikan komitmen PDIP dalam membangun seni dan budaya bangsa.

"Krisdayanti maju sebagai caleg dari Dapil Malang Raya, beliau mendapat tugas dari Bu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) untuk menggelorakan kebudayaan nasional," ujar Hasto dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/7).

Musisi lain yang mendaftar sebagai caleg PDIP, yakni mantan vokalis band Radja, Ian Kasela. Kemudian, artis senior Jeffry Waworuntu juga maju sebagai caleg dari Dapil Maluku. Selain itu, penyanyi senior Iis Sugianto, Harvey Malaiholo, dan Lita Zein juga maju sebagai caleg DPR dari PDIP.

Baca juga: Wapres JK: Menteri yang Nyaleg Ganggu Kinerja Kabinet

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement