Senin 16 Jul 2018 17:55 WIB

Olla Ramlan dan 9 Artis Jadi Caleg Nasdem Jabar

Nasdem mendaftarkan 120 bakal calon legislatif

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani
Partai Nasdem Jawa Barat mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk mengikuti Pemilihan Legislatif 2019, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (16/7). Dalam kesempatan itu ikut serta seorang model Olla Ramlan.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Partai Nasdem Jawa Barat mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk mengikuti Pemilihan Legislatif 2019, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (16/7). Dalam kesempatan itu ikut serta seorang model Olla Ramlan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPW Jawa Barat mendaftarkan 120 bakal calon legislatif (bacaleg) untuk mengikuti Pemilihan Legislatif 2019, di Kantor KPU Jawa Barat, Senin (16/7). Menurut Ketua Partai Nasdem DPW Jawa Barat, Saan Mustopa, di Jawa Barat terdapat 10 artis yang mencalonkan diri menjadi anggota legislatif di DPR RI.

Saan memerinci, di antaranya adalah Olla Ramlan dari daerah pemilihan 4 atau Kabupaten Cianjur. Syahrul Gunawan di Jabar dapil 5 atau Kota dan Kabupaten Sukabumi, Farhan di dapil 2 di Kabupaten Bandung, Krisna Mukti di dapil 10 di Karawang dan Purwakarta, dan Lucky Hakim di dapil 6 di Kabupaten Bogor.

"Kami mencari publik figur yang tidak hanya memiliki popularitas, tapi elektabilitasnya memadai. Kemudian, sebagai calon yang punya kemauan komitmen ke dunia politik," ujar Saan.

Saan mencontohkan, Olla Ramlan yang merasa telah melampaui targetnya di dunia hiburan. Olla ingin mengabdikan diri untuk masyarakat melalui dunia politik supaya lebih bermanfaat untuk masyarakat luas.

Partai Nasdem pun, kata dia, telah memenuhi persyaratan pendaftaran dengan mengajukan bacaleg perempuan sebanyak lebih dari 30 persen dari jumlah keseluruhan. Nasdem menargetkan 15 kursi di DPRD Jabar, atau satu bacaleg yang lolos di setiap daerah pemilihan di Jawa Barat. Angka tersebut tiga kali lipat dari jumlah kursi Nasdem di DPRD Jabar saat ini.

"Kami mendaftarkan 120 bacaleg, semua daerah pemilihan (dapil) terisi penuh. Semua berkas lengkap, walau ada sedikit kekurangan di beberapa pencantuman fotonya," kata Saan.

Menurut Saan, walaupun hampir 40 persen bacaleg dari Nasdem Jabar adalah perempuan, minat perempuan di bidang politik masih terbatas. Syarat 30 persen porsi minimal perempuan menjadi bacaleg dalam suatu partai menjadi tantangan tersendiri.

Para bacaleg ini, kata dia, menjalani proses selama satu tahun. Nasdem terus berusaha mendapatkan bacaleg-bacaleg yang mempunyai komitmen, integritas, dan kapabilitas sehingga mengubah wajah politik jadi lebih baik.

Artis dan presenter Olla Ramlan sendiri sengaja ikut rombongan DPW Nasdem Jawa Barat mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya ke kantor KPU Jawa Barat. "Saya hadir ikut mendampingi," kata Olla Ramlan.

Menurut Olla, pada Pemilu Legislatif 2019, ia maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Nasdem. "Saya mencalonkan diri jadi caleg, itu di dapil 4 Jawa Barat, Cianjur," katanya.

Olla mengatakan, alasan dirinya bergabung dengan partai pimpinan Surya Paloh tersebut karena partai politik ini memiliki kesamaan visi-misi dengan dirinya. "Saya gabung dengan Nasdem karena Nasdem satu visi-misi dengan pemikiran saya," kata Olla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement