Kamis 12 Jul 2018 18:14 WIB

KPK Lelang Barang Koruptor, dari Mobil, Kiswah, Hingga Akik

Aset itu di antaranya milik terpidana Muhammad Nazaruddin dan Muhamad Sanusi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Friska Yolanda
KPK
KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III akan  melelang barang rampasan milik terpidana kasus korupsi. Barang tersebut dilelang karena telah berkekuatan hukum tetap. 

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah mengungkapkan kegiatan lelang akan digelar pada Rabu (25/7) pekan depan di Gedung KPK. "Ada 23 barang yang akan dilelang, berupa rumah, tanah, mobil, HP, kain kiswah hingga batu akik. Dengan nilai limit atau nilai terendah berkisar antara Rp 14 miliar hingga Rp 58 ribu," kata Febri saat dikonfirmasi, Kamis (12/7).

Dilansir dari http://www.kpk.go.id, barang rampasan yang akan dilelang oleh KPK beragam mulai dari sebidang tanah, kain kiswah Ka'bah, hingga mobil Mercedes Benz. Adapun aset yang akan dilelang tersebut milik terpidana, Muhammad Nazaruddin, Muhamad Sanusi, M Akil Mochtar, dan Ade Suara.

Selain itu, ada pula aset milik Yan Anton Ferdian, Parlin Purba, Musa Zainudin, Moch Basuki, Rahman Agung, Santoso, Moch Ka'bil Mubarok, Tri Satiya Santosa, Saipul Jamil, Marudut, Surya Darma Ali, Budi Supriyanto, Bambang Wuryanto, dan Amran Hi Mustary yang juga akan dilelang. 

Aset yang ditawarkan salah satunya adalah satu bidang tanah dan bangunan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan dengan nilai limit Rp 14,2 miliar. Tak hanya tanah, KPK juga melelang satu unit mobil Toyota Crown 2.5 tahun 2013 dengan limit Rp 941.650.000.

KPK juga melelang dua unit mobil Mercedes Benz dengan tipe yang berbeda. Untuk tipe yang pertama adalah Mercedes Benz type S 350 CGI AT (CKD) tahun 2013 dengan nilai limit Rp 601.885.000. Sementara tipe kedua yaitu, Mercedes Benz GL400 AT (X166) CKD model Jeep L.C HDTP tahun pembuatan 2014, yang dijual dengan harga terendah Rp 711 juta.

Ada pula selembar kain kiswah atau penutup Ka'bah bewarna hitam berukuran 80 cm x 59 cm bertuliskam lafaz atau kaligrafi arab bewarna kuning emas yang dibanderol dengan nilai limit Rp 22.500.000. Kiswah ini merupakan milik mantan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Selain itu, enam bidang tanah dan bangunan di sejumlah lokasi di Jakarta juga ditawarkan pada lelang kali ini. Ada pula cincin perak bermata berlian dengan harga awal Rp 99.610.000, satu tas kulit coklat merk 'Coach New York', dan sejumlah barang elektronik berupa paket handphone berbagai merk.

Lelang barang rampasan ini merupakan salah satu proses untuk mengembalikan uang yang dinikmati oleh para pelaku korupsi kembali pada masyarakat melalui mekanisme keuangan negara. "Jadi kami mengajak semua pihak untuk mengikuti lelang tersebut. 23 barang lelang dan syarat dapat dilihat di website KPK dan DJKN," ujar Febri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement