Kamis 12 Jul 2018 14:04 WIB

JK: BPJS Kesehatan Harus Mendukung Gerakan Hidup Sehat

BPJS Kesehatan dapat membuat program kesehatan yang dekat dengan masyarakat.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Petugas menyortir kartu BPJS kesehatan.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas menyortir kartu BPJS kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA --  Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mendorong agar gerakan hidup sehat nasional dapat digalakkan di tengah masyarakat. Dia menilai, dengan adanya peningkatan kesadaran kesehatan dari masyarakat maka nantinya dapat menghemat anggaran BPJS Kesehatan.

"Sering saya katakan, BPJS kalau mau baik harus mendukung gerakan hidup sehat supaya jangan semua orang ke rumah sakit," ujar Jusuf Kalla dalam pidatonya saat meresmikan Gedung Graha Rumah Sakit Islam Surabaya, Kamis (12/7).

Menurut Jusuf Kalla, untuk mendukung gerakan hidup sehat tersebut, BPJS Kesehatan dapat membuat program kesehatan yang dekat dengan masyarakat. Misalnya saja, menyelenggarakan pertandingan olahraga, maupun membuat program senam sehat secara berkala. Melalui program gerakan hidup sehat tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat.

"Itu cara BPSJ menghemat, kalau semua orang seenaknya saja masuk rumah sakit maka akan menjadi defisit terus menerus, akan bangkrut itu BPJS, karena itulah maka harus kita tangani sebaik-baiknya," kata Jusuf Kalla.

Saat ini pertumbuhan pembangunan rumah sakit mulai pesat. Hal ini menunjukkan bahwa akses pelayanan kesehatan bagi maayarakat semakin terbuka. Namun di sisi lain, Jusuf Kalla menilai, pesatnya pembangunan rumah sakit menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin menurun.

Adapun pelayanan kesehatan harus dibarengi dengan gerakan hidup sehat nasional. Gerakan ini telah dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan.

"Semua kota itu perlu layanan (kesehatan) yang baik, tapi tidak berarti harus jam 5 pagi sudah antri karena BPJS, itulah salah satu hal yang penting sehingga disamping layanan kesehatan pemerintah juga menjalankan gerakan hidup sehat," ujar Jusuf Kalla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement