Sabtu 07 Jul 2018 19:05 WIB

Eggi Sebut Amien Rais Bisa Satukan Koalisi Umat Islam

Eggi menyatakan kekecewaannya terhadap perubahan sikap TGB yang dukung Jokowi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan
Politikus senior, Amien Rais
Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Politikus senior, Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivis Persaudaraan Alumni 212, Eggi Sudjana menilai hanya Amien Rais saat ini yang mampu menyatukan umat Islam yang kemarin bergabung dalam aksi 212. Pernyataan Eggi Sudjana ini terkait perubahan sikap beberapa calon presiden (capres) yang direkomendasikan Alumni 212 mendukung Jokowi, seperti nama Tuan Guru Bajang (TGB).

Kekecewaan Eggi terhadap perubahan sikap TGB yang ikut mendukung Jokowi ini juga yang membuatnya memajukan tokoh Reformasi, Amien Rais sebagai capres atau cawapres. "Kalau Pak Amien Rais sudah dijamin garansinya. Dia tokoh senior sikapnya konsisten dari dulu hingga sekarang," kata Eggi kepada wartawan, Sabtu (7/7).

(Baca: TGB Dukung Jokowi, Golkar Tetap Usung Airlangga)

Eggi meminta kelompok umat Islam yang tergabung dalam Alumni 212 mengambil pelajaran dari perubahan sikap TGB ini. Sebab ia yakin kekuatan politik pejawat akan berupaya melepaskan satu per satu kekuatan politik umat Islam yang tergabung dalam Alumni 212.

"Perubahan sikap TGB itu strategi lawan untuk membungkam kita oposisi  yang ingin perubahan dan ganti presiden. Karena itu kita ingin memajukan Amien Rais, termasuk untuk menutup kemungkinan poros ketiga," ujar pendiri Koalisi Umat Madani ini.

(Baca: PBB Sebut Manuver Demokrat Ganggu Koalisi Keumatan)

Menurutnya tokoh oposisi yang saat ini memiliki kemampuan kenegaraan dan keagamaan yang baik adalah Amien Rais. Ia juga menyebut pengalaman dan senioritas Amien Rais sejak Reformasi, memahami betul apa yang masih kurang dari bangsa ini sejak Reformasi bergulir.

Namun Eggi menampik menafikan tokoh politik lain seperti Prabowo dan sembilan nama yang telah disodorkan PKS. Sosok Prabowo dan para tokoh di PKS, menurutnya bisa menilai konsistennya Amien Rais selama ini.

"Jadi kita berharap Prabowo dan PKS juga memperhitungkan Amien Rais baik sebagai capres atau cawapres. Kita minta kearifan dari koalisi umat ini," imbuhnya.

Sebelumnya Eggi Sudjana bersama Koalisi Umat Madani mendeklarasikan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Koalisi tersebut juga didukung oleh Persatuan Alumni 212.

Menurut Eggi, satu hal yang menjadi inspirasi untuk mendukung Amien Rais tak lain karena kemenangan Mahathir Mohamad sebagai Pendana Menteri Malaysia yang didukung oleh koalisi umat Malaysia. Sebab, Mahathir yang berusia 93 tahun itu mampu menumbangkan Najib Razak selaku pejawat.

Keinginan mencapreskan Amien Rais ini disambut baik Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. Viva menilai Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan cinta rakyat Indonesia.

Tokoh Reformasi ini memiliki konsep dan kapasitas kepemimpinan dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional. Amien Rais juga masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja.

"Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan," kata Viva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement