Sabtu 30 Jun 2018 00:37 WIB

Status Puskesmas Setabelan Solo Meningkat Jadi Rawat Inap

Puskesmas Setabelan menjadi Puskesmas rawat inap dengan fasilitas terbaik.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Puskesmas / Ilustrasi
Foto: Zahrotul Octaviani
Puskesmas / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Warga Solo kini dapat memperoleh layanan rawat inap di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Setabelan, Banjarsari Solo. Ini setelah Pemerintah Kota Solo meningkatkan status Puskesmas Setabelan menjadi Puskesmas rawat inap dengan fasilitas terbaik.

Di Puskesmas Setabelan, pasien rawat inap tak akan merasakan suasana pengap dalam ruangan maupun kepanasan, pasien dapat nyaman berada diruangan yang dilengkapi pendingin udara atau AC. Selain itu, Puskesmas ini juga menyediakan layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam serta layanan bagi ibu bersalin dan layanan kesehata untuk bayi dengan tingkat dasar.

Puskesmas Setabelan juga menyediakan layanan konsultasi dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta konsultasi dokter spesialis anak. Terdapat 12 tempat tidur bagi pasien yang menjalani rawat inap yang dilengkapi pendingin udara. Puskesmas Setabrelan pun siap melayani warga dengan mobil ambulans yang siaga 24 jam.

 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan meningkatnya status Puskesmas Setabelan sebagai Puskesmas rawat inap, juga dimaksudkan agar mengurangi penumpukan pasien di Rumah Sakit.

“Jadi tak ada lagi penumpukan di Rumah Sakit dan terjadi efisiensi pelayanan,” tutur Siti pada Jum’at (29/6).

Siti mengungapkan dengan lokasi yang cukup strategis, warga dapat mudah mengakses Puskesmas Stabelan. Sementara itu Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo mengatakan dengan ditingkatkannya status Puskesmas Setabelan merupakan upaya Pemkot Solo untuk memberikan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan bagi warga Solo.

Ia pun mengajak warga agar bisa memanfaatkan layanan tersebut, terlebih fasilitas dan pelayanan Puskesmas Stabelan tak kalah bagus dengan Rumah Sakit. “Sudah tak perlu antre lagi di Rumah Sakit dan jangan anggap remeh Puskesmas, sekarang Puskesmas sudah baik dan obatnya pun sama seperti di Rumah Sakit,” katanya.

Disamping itu, kata Rudyatmo warga yang dengan gratis memperoleh layanan di Puskesmas seperti layanan cek kesehatan umum, laboratorium hingga IVA tes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement