Selasa 26 Jun 2018 11:05 WIB

Besok, 16 Paslon Pilkada Melawan Kolom Kosong

Jumlah paslon tunggal pada tahun ini lebih banyak dari pilkada pada 2015 dan 2017.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andri Saubani
Sejumlah petugas mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Maluku di Ambon, Maluku, Senin (25/6).
Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Sejumlah petugas mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Maluku di Ambon, Maluku, Senin (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 16 pasangan calon (paslon) kepala daerah-wakil kepala daerah akan melawan kolom kosong dalam pilkada serentak 2018. Pemungutan suara pilkada akan digelar secara serentak pada Rabu (27/6) besok.

Berdasarkan data terakhir secara resmi dari KPU yang diunggah pada laman infopemilu.kpu.go.id, Selasa (26/6), ada 16 daerah yang hanya punya satu paslon bupati-wakil bupati atau wali kota-wakil wali kota. Paslon tunggal itu terdapat di Kabupaten Deli Serdang (Sumatra Utara), Kabupaten Padang Lawas Utara (Sumatra Utara), Kota Prabumulih (Sumatra Selatan), Kabupaten Pasuruan (Jawa Timur), Kabupaten Lebak (Banten), Kabupaten Tangerang (Banten), dan Kota Tangerang (Banten).

Kemudian, paslon tunggal juga ada di Kabupaten Tapin (Kalimantan Selatan), Kabupaten Minahasa Tenggara (Sulawesi Utara), Kabupaten Bone (Sulawesi Selatan), Kabupaten Enrekang (Sulawesi Selatan), Kabupaten Mamasa (Sulawesi Barat), Kabupaten Memberamo Tengah (Papua), Kabupaten Puncak (Papua), Kabupaten Jayawijaya (Papua), dan Kota Makassar (Sulawesi Selatan).

Berdasarkan data yang dihimpun Republika, jumlah calon tunggal di pilkada 2018 ini lebih banyak jika dibandingkan dengan pilkada 2017 dan pilkada 2015. Pada 2017, hanya ada sembilan daerah dengan calon tunggal, yakni Kota Tebingtinggi, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pati, Kabupaten Buton, Kabupaten Landak, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Tambrauw , Kota Sorong, dan Kota Jayapura.

Sementara itu, sebelumnya, yakni pada pilkada 2015, tercatat hanya ada tiga daerah dengan calon tunggal. Ketiganya adalah Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Timur Tengah Utara.

Sebagaimana diketahui, pemungutan suara pilkada serentak 2018 jatuh pada Rabu (27/6). Sebanyak 171 daerah yang terdiri atas 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten akan menggelar pemungutan suara pada Rabu.

photo
Infografis Pilkada Serentak 2018

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement