Selasa 26 Jun 2018 01:30 WIB

Ilham Habibie Doakan Sang Ayah

Saat ini Ilham tak berada di sisi sang ayah karena sedang di London, Inggris

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI) Ilham Akbar Habibie
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI) Ilham Akbar Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie berulang tahun yang ke-82 pada Senin (25/6). Ucapan selamat ulang tahun yang diiringi dengan doa disampaikan oleh keluarga terdekat.

Ilham Akbar Habibie, putra pertama pasangan BJ Habibie dengan Hasri Ainun Habibie, mendoakan agar sang ayah selalu dikaruniai kesehatan oleh Yang Maha Kuasa. “Panjang umur dan sehat yang terpenting buat bapak,” ujarnya, saat dihubungi Republika.co.id, Senin (25/6).

Namun, Ilham tak bisa berada di dekat sang ayah di hari ulang tahunnya. Sebab, ia tengah berada di London, Inggris. BJ Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936.

Ia dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia. Sebelum menjadi presiden ketiga RI, Habibie pernah menjabat sejumlah posisi penting di pemerintahan, yakni wakil presiden Indonesia ke-7 pada Maret-Mei 1998 dan menteri negara riset dan teknologi pada 1978-1998.

Habibie tercatat pernah belajar teknik mesin di Fakultas Teknik, Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1954. Setahun setelahnya, ia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman. Dari universitas yang sama, Habibie menerima gelar doktor ingenieur pada 1965.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement