Ahad 24 Jun 2018 13:26 WIB

Kalla Apresiasi Pertemuan Saudagar Bugis Makassar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap Pertemuan Saudagar Bugis Makassar penting.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Wakil Presiden Jusuf Kalla membawakan sambutan saat pembuakaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XVIII 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (24/6).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Wakil Presiden Jusuf Kalla membawakan sambutan saat pembuakaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XVIII 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (24/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XVIII di Makassar, Ahad (24/6). Dalam sambutannya, Kalla mengungkapkan, dari 18 kali penyelenggaraan PSBM, ia telah 17 kali meresmikannya.

Kalla mengapresiasi pertemuan para pengusaha, seperti yang dilakukan saudagar Bugis Makassar. Menurutnya,  ajang itu sangat penting.

Pertemuan semacam itu dapat menjadi upaya untuk terus meningkatkan semangat para saudagar. PSBM juga dapat menjaga jaringan antarsaudagar Bugis Makassar di seluruh Indonesia.

"Kita ingin menaikkan semangat para saudagar, karena kuncinya para saudagar itu semangat. Kita perlu menjaga jaringan dan semangat," ujar Kalla seusai membuka PSBM di Hotel Grand Clarion, Makassar, Ahad (24/6).

photo
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) bersama empat calon Gubernur Sulsel Nurdin Halid (kedua kiri), Agus Arifin Numang (tengah), Nurdin Abdullah (kanan), dan Ichsan Yasin Limpo (kedua kanan) saat pembukaan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-XVIII 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (24/6).


Menurut Kalla, pertemuan juga menjadi ajang untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman antarpengusaha Bugis Makassar. Pertemuan tersebut dapat mengembangkan semangat tumbuhnya pengusaha nasional dengan sinergi pengetahuan dan pengalaman.

"Yang penting ialah tukar pengalaman, maka pertemuan ini menjadi sinergi pengalaman. Kenapa pengalaman? Karena ada pepatah yang mengatakan pengalaman adalah guru terbaik," ujar Kalla.

Karena itu ia berharap pertemuan para saudagar Bugis Makassar itu betul-betul dimanfaatkan peserta untuk saling belajar pengalaman dan pengetahuan. "Pembicaraan hari ini bukan hanya kumpul-kumpul saja, tapi belajar dari pengalaman dan belajar sinergi. Selain itu pertemuan, juga bukan pertemuan dagang, tapi bagaimana meningkatkan semangat pengusaha," ujar Kalla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement