Sabtu 23 Jun 2018 18:38 WIB

Hutan Jati Taman Nasional Baluran Kembali Terbakar

Luas hutan jati yang terbakar diperkirakan enam hektare.

Wisatawan melihat gunung Baluran di padang sabana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (22/6).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Wisatawan melihat gunung Baluran di padang sabana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BALURAN -- Hutan jati di Kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu siang (23/6) kembali terbakar. Api dapat dipadamkan setelah hampir tiga jam.

Kebakaran hutan di Kawasan Taman Nasional Baluran, Kecamatan Banyuputih ini terjadi sejak pukul 10.00 WIB. "Api dapat dipadamkan pada pukul 12.40 WIB," ujar Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdal Ops) BPBD Situbondo, Puriyono di Situbondo, Sabtu.

Ia menjelaskan, peristiwa kebakaran hutan jati itu terjadi di Blok T-12 Jalan Raya Pantura yang menghubungkan Jawa dan Bali tepatnya di kilometer 234 arah Surabaya. Petugas gabungan dari anggota Koramil Kecamatan Banyuputih, Kepolisian Sektor (Polsek), Perhutani, petugas Puslapur Marinir Karang Tekok dan Polhut Taman Nasional Baluran serta relawan setempat sempat kewalahan memadamkan api karena angin bertiup cukup kencang.

"Selain petugas gabungan memadamkan api menggunakan ranting pohon, juga petugas dari pemadam kebakaran (Damkar) dari Asembagus dan Situbondo juga turun ke lokasi beserta armada Damkar," katanya.

Puriyono menambahkan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Baluran itu apakah ada unsur kesengajaan atau unsur lainnya.

"Kalau luasan atau lahan hutan jati yang terbakar diperkirakan enam hektare, karena Perhutani belum memberikan data pasti hutan yang terbakar pada hari ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement