Senin 18 Jun 2018 13:36 WIB

Komjen Iriawan: Kalau Saya Gak Netral Sayang Karir Saya

Komjen Iriawan menegaskan akan netral di Pilgub Jabar.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Bayu Hermawan
Komjen Pol Mochamad Iriawan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, saat dilatik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (18/6).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Komjen Pol Mochamad Iriawan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, saat dilatik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (18/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komjen Muhamad Iriawan menegaskan sebagai pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, dirinya akan tetap netral di pemilihan gubernur (pilgub) Jabar pada 27 Juni mendatang. Iriawan juga mengatakan akan menjaga wilayah Jabar tetap aman sampai gubernur baru terpilih dilantik nantinya.

"Saya meniti karir dari bawah, sampai sekarang alhamdulillah diberikan bintang tiga oleh yang maha kuasa melalui negara untuk pertaruhan. Kalau saya gak netral, sayang karir saya. Sayang karir saya, karena saya masih ada sisa waktu untuk bekerja di negara ini," tegasnya, Senin (18/6).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengaku, baru mengetahui penunjukan dirinya sebagai Pj Gubernur Jabar pada lebaran hari kedua. "Lebaran kedua, jam 8 malem kami dikasih tahu, kami kaget. Jadi baru tahu juga, kami lagi di Surabaya kebetulan, sedang silahturahmi dengan besan," kata Iwan usai pelantikan.

Dia mengaku langsung meninggalkan Surabaya dan bersiap-siap untuk pelantikan pada hari ini. Meski mendadak, Iwan siap menjadi Pj Gubernur Jabar. "Kami prajurit atau bhayangkara sejati, selalu siap apapun yang diabdikan oleh negara, kami akan melaksanakannya," lanjutnya.

Iwan berjanji, jabatannya saat ini akan dia emban dengan penuh tanggung jawab meski risikonya tinggi. "Karena kami siap berkorban jiwa raga untuk negara secara umumnya dan khususnya Jawa Barat," tegasnya.

Iwan juga menyampaikan alasan mengapa pemerintah pusat memilihnya. "Pesan beliau harus melaksanakan jabatan dengan penuh tanggung jawab. 'Saya percaya anda bisa melaksanakan tugas sebagai Pj Gubernur karena anda sudah pernah jadi Kapolda sini,' dan beliau tahu saya dibesarkan di Jawa Barat," katanya lagi.

Baca juga: Mantan Kapolda Metro akan Dilantik Jadi PJ Gubernur Jabar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement