Selasa 05 Jun 2018 23:58 WIB

Taman Pintar Tambah Jam Operasional

Langkah ini dinilai strategis meningkatkan kunjungan dan lama tinggal wisatawan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Andi Nur Aminah
Taman Pintar Yogyakarta
Foto: WisataYogya
Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Taman Pintar sebagai salah satu ikon wisata edukasi di Kota Yogyakarta senantiasa berupaya melakukan terobosan pelayanan kepada masyarakat, terutama wisatawan yang berkunjung di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Menyusul Pasar Beringharjo yang terlebih dahulu buka hingga malam hari, kini Taman Pintar menambah jam layanan hingga pukul 21.00 WIB.

Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana mengatakan, penambahan jam layanan ini diharapkan akan menambah atraksi wisata pada malam hari di Kota Yogyakarta. Langkah ini dinilai strategis untuk meningkatkan kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Yogyakarta. "Mengingat banyaknya wisatawan yang memasuki kota Yogyakarta pada sore dan malam hari, serta untuk mendukung pengembangan kawasan Malioboro sebagai jalur pedestrian," ujarnya Selasa (5/6).

Peresmian ini pun dilaksanakan tepat menjelang libur panjang hari Raya Idul Fitri tahun 2018, dimana pengunjung Taman Pintar cukup tinggi. Dengan dibukanya Taman Pintar pada malam hari juga akan menambah potensi kunjungan ke Taman Pintar, yang kini sudah mencapai rata-rata satu juta per tahun.

Layanan Taman Pintar Buka Malam meliputi area Playground, Perpustakaan, dan Science Theater. Area Playground Taman Pintar menyediakan berbagai alat peraga interaktif yang menarik dan menambah pengetahuan bagi pengunjung. Masih di area Playground, Taman Pintar bekerja sama dengan Koperasi Pegawai Taman Pintar juga menghadirkan Tepi Coffee Shop.

Menurutnya, fasilitas ini ditujukan untuk menambah kenyamanan pengunjung yang ingin berdiskusi atau sekadar bercengkrama sambil menikmati suguhan kopi dan aneka roti bercita rasa istimewa, namun tetap dengan harga terjangkau. Bagi pengunjung yang ingin menambah pengetahuan melalui buku, Perpustakaan Taman Pintar menyajikan buku yang sebagian besar bertema sains dan teknologi, baik berupa koleksi umum, ilmu pengetahuan, video ensiklotepi, kamus, dan fiksi.

"Adapun di Science Theater, pengunjung dapat menyaksikan film bertema sains dan teknologi. Semua wahana tersebut didukung dengan berfasilitas free wifi," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement