Senin 04 Jun 2018 16:45 WIB

Libur Lebaran, Banyumas Siapkan Kesenian Tradisional

Pertunjukan digelar di sejumlah lokasi wisata populer di Banyumas.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Indira Rezkisari
Kuda lumping.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Kuda lumping.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Selama masa libur lebaran, Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar ) Kabupaten Banyumas akan menyuguhkan berbagai atraksi kesenian di lokasi-lokasi wisata. Kesenian yang akan ditampilkan, antara lain berupa kesenian lengger, ebeg (kuda lumping), kentongan dan siteran.

Sekretaris Dinporabudpar Banyumas Suwondo, menyebutkan pertunjukan kesenian tradisional di berbagai lokasi wisata tersebut bertujuan menghibur. Sekaligus mengingatkan kembali berbagai kesenian tradisional pada para pemudik yang mungkin lama tidak melihat kesenian tradisional di daerah asalnya.

Lokasi-lokasi wisata yang akan digelar pertunjukan tradisional tersebut, antara lain di Alun-alun Purwokerto, Taman Rektreasi Andhang Pangrenan, Taman Balai Kemambang dan Lokawisata Baturraden. ''Semua lokasi merupakan tempat-tempat yang lokasinya strategis dan memiliki atmosfer yang kuat untuk dikunjungi masyarakat,'' katanya.

Suwondo menambahkan, selain untuk menghibur masyarakat, tujuan penyelenggaraan pertunjukkan kesenian ini juga untuk menaungi dan memberi ruang bagi seniman Banyumas. ''Melalui kegiatan seperti ini, kita memberi ruang bagi pada para seniman untuk terus berkreasi,'' katanya.

Menurutnya, berbagai jenis kesenian tradisional tersebut nantinya akan dipertunjukkan di setiap lokasi wisata. ''Hanya waktunya saja yang digilir,'' katanya. Sedangkan waktu pertunjukkan kesenian tersebut, akan digelar setiap hari sejak 16-24 Juni 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement