Selasa 29 May 2018 12:14 WIB

Gempa 5,1 SR Guncang Nias Utara

Gempa masuk klasifikasi gempa bumi dangkal.

Rep: Issha Haruma/ Red: Indira Rezkisari
Alat pendeteksi gempa
Foto: Wikipedia
Alat pendeteksi gempa

REPUBLIKA.CO.ID, NIAS UTARA -- Gempa bumi dengan kekuatan 5,1 SR mengguncang Kabupaten Nias Utara, Sumut, Selasa (29/5) pagi. Gempa ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

BMKG mencatat gempa tektonik tersebut terjadi pukul 10.21 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat 1,33 LU dan 97,01 BT, atau tepatnya pada jarak 17 km arah barat Lahewa, Nias Utara. Episenter berlokasi di laut dengan kedalaman 24 km.

"Guncangan dirasakan di Pulau Nias bagian utara. Banyak warga yang merasakan guncangan gempa bumi ini," kata Plt Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rachmat Triyono, Selasa (29/5).

Rachmat mengatakan, gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal. Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Rachmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement