Senin 28 May 2018 23:12 WIB

Pelindo Makassar Siapkan 1.500 Kuota Mudik Gratis

Disiapkan juga mobil jenis Innova untuk mengangkut penumpang satu kelompok keluarga.

Calon penumpang berjalan menuju KM Tidar tujuan Surabaya dan Makassar di Pelabuhan Makassar (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Calon penumpang berjalan menuju KM Tidar tujuan Surabaya dan Makassar di Pelabuhan Makassar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- General Manager PT Pelabuhan Indonesia Tbk Cabang Makassar Aris Tunru mengatakan, Pelindo menyiapkan kuota 1.500 orang untuk mudik gratis menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.  "Untuk Pelindo Cabang Makassar memang menyiapkan kuota 350 orang. Namun tidak menutup kemungkinan jika membludak peminatnya kami bisa siapkan 1.500 orang," kata Aris menanggapi persiapan mudik lebaran di Makassar, Senin (28/5).

Dia mengatakan, jika bercermin pada musim mudik 2016 ke 2017 memang mengalami penurunan. Namun tetap disiapkan kuota yang melebihi realisasi dari tahun sebelumnya. Karena selalu diprediksi akan terjadi kenaikan sedikitnya 10 persen dari realisasi tahun sebelumnya.

Untuk penyiapan armada angkutan darat pada saat penumpang kapal laut sudah tiba di Pelabuhan Makassar, lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan Perum Damri untuk menyiapkan 32 bus yang akan bolak-balik mengangkut penumpang. "Untuk mendata penumpang yang akan mudik, tim kami akan ikut di kapal dan melakukan pendataan di atas kapal. Gunanya untuk mengetahui tujuan penumpang, sehingga ketika sandar di pelabuhan tinggal naik ke bus tujuan masing-masing," katanya.

Selain menyiapkan bus Damri, Aris mengatakan, Pelindo Cabang Makassar juga menyiapkan kendaraan roda empat jenis Innova untuk mengangkut penumpang dalam satu kelompok keluarga. Khususnya yang memiliki anak bayi dan balita.

Hal itu dimaksudkan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang yang mudik satu keluarga. Khususnya mereka yang tempat tujuannya tidak dilalui jalur kendaraan angkutan umum atau bus. "Kendaraan innovanya itu disiapkan saat urgen jika kampung penumpang masuk ke pelosok-pelosok dan memiliki anak kecil, sehingga tidak tercampur dengan penumpang lain di bus," katanya. Aris menambahkan, selain menyiapkan angkutan mudik gratis, Pelindo Makassar juga menyiapkan makanan untuk buka puasa dan sahur bagi penumpang yang tiba di Pelabuhan Makassar. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement