Rabu 23 May 2018 10:36 WIB

Ini Calon Kuat KSAL yang akan Dilantik Presiden Jokowi

Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji disebut sebagai calon kuat KSAL yang baru.

Prajurit TNI AL (ilustrasi)
Foto: Antara/Zabur Karuru
Prajurit TNI AL (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji disebut-sebut akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), menjadi Kepala Staf TNI AL (KSAL) yang baru menggantikan Laksamana TNI Ade Supandi. Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig JM Sipultan tidak membantah jika Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji merupakan calon kuat KSAL yang baru.

"Saya yakin teman-teman wartawan sudah tahu bahwa ada salah satu calon yang menjadi KSAL. Saya tidak mau menyebutkan namanya. Surat dari Kementerian Sekretariat Negara kan sudah beredar," katanya, Rabu (23/5).

Berdasarkan Surat Kementerian Sekretariat Negara yang beredar dan ditandatangani oleh Sesmil Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, pelantikan KSAL yang baru akan dilaksanakan pada Rabu ini pukul 11.00 WIB di Istana Negara. Surat itu ditujukan kepada Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji perihal Pemberitahuan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah.

Pergantian KSAL itu berdasarkan Keputusan Presiden No 43/TNI/2018 tertanggal 22 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan KSAL.

Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji saat ini menjabat sebagai Komandan Jenderal Akademi TNI. Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji lahir di Cimahi Jawa Barat pada 14 Mei 1962, merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1985. Sebelum menjabat sebagai Komandan Jenderal Akademi TNI, Siwi merupakan Asisten Perencanaan Umum Panglima TNI.

Jabatan lain yang pernah diemban oleh Siswi adalah Pangkoarmabar, TA. Pengkaji Bid. SKA Lemhannas, Kasarmatim, Waasrena Kasal, Komandan Guskamlatim dan Asops Pangarmabar.

Baca juga: Siang Ini, Presiden Jokowi Lantik KSAL yang Baru

Presiden Joko Widodo (Jokakan melantik Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) yang baru untuk menggantikan KSAL Laksamana TNI Ade Supandi yang memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2018, di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (23/5) hari ini.

Berdasarkan Surat Kementerian Sekretariat Negara yang beredar dan ditandatangani oleh Sesmil Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, pelantikan KSAL yang baru akan dilaksanakan pada Rabu ini pukul 11.00 WIB di Istana Negara. Pergantian KSAL itu berdasarkan Keputusan Presiden No 43/TNI/2018 tertanggal 22 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan KSAL.

Ada beberapa calon pengganti Ade Supandi, yakni Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf, Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Arie Soedewo, Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Letnan jenderal TNI (Mar) RM Trusono, dan Komandan Jenderal Akademi TNI Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement