Ahad 20 May 2018 18:18 WIB

Mobil KaCa UMM Kunjungan Literasi ke Pelosok Dusun Princi

Kehadiran mobil KaCa UMM untuk menanamkan minat baca pada anak-anak.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan bersama mobil KaCa UMM di Dusun Princi.
Foto: Dokumen.
Kegiatan bersama mobil KaCa UMM di Dusun Princi.

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- Mobil Kamis Membaca (KaCa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melakukan perjalanan literasi di hari keempat Ramadhan. Kali ini mengunjungi Taman Kanak-Kanak (TK) Aisiyah Bustanul Athfal 23, Dau, Kabupaten Malang.

Bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (FPsi) UMM, mobil KaCa melaksanakan kegiatan nonton bersama. Sebelumnya, mobil KaCa telah melakukan beberapa kegiatan yang tergabung pada K-A-N-C-A-N-E, di antaranya Ayo Dolanan, Coto (Konco Cerito) Babad, Aku Jurnalis, dan EYL (English for Young Learners).

Berjalan meriah, kehadiran mobil KaCa UMM langsung menjadi serbuan siswa TK dan beberapa anak-anak di sekitar sekolah tersebut. Ketua BEM FPsi Bintang Sasmita Wicaksana menjelaskan, kehadiran mobil KaCa di tengah anak-anak Dusun Princi Desa Gading Kulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang ini menjadi hal yang telah lama dinanti oleh warga.

"Saat diberitahu kalau mobil ini (mobil KaCa) mau ke dusun ini, warga dan guru-guru sudah sangat senang," ujar mahasiswa semester enam tersebut melalui siaran pers, Ahad (20/5).

Tidak hanya sekadar nonton, anak-anak dan warga yang hadir juga diajak untuk menelaah pesan moral yang ada pada film yang ditayangkan sembari menunggu waktu berbuka. Dipilihnya film animasi seri Pada Jaman Dahulu menjadi daya tarik tersendiri pada agenda ini.

Salah seroang siswa SD, Ahmad Maulana, mengaku sengaja hadir saat kedatangan mobil KaCa UMM. Ia sangat senang bisa menonton film bersama teman-teman bermain di lingkungan tinggalnya. "Enggak pernah ada kegiatan kayak gini jadi senang sekali bisa lihat sama teman sekolah dan rumah," kata siswa kelas tiga ini.

Rangkaian agenda turunnya Mobil KaCa kali ini hasil kerja sama dengan BEM FPsi pada kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Psychology Social Project. Kepala Sekolah TK Aisiyah Bustanul Athfal Nuryati menyampaikan rasa senang dan harunya atas kehadiran Mobil KaCa.

Menurut Nuryati, mobil KaCa UMM menjadi angin segar bagi dusun yang terletak di lereng Gunung Butak ini untuk menanamkan minat baca pada anak-anak.

"Saya sangat senang karena UMM telah banyak membantu saya secara pribadi dan mebantu membangun dusun ini melalui beberapa agenda pengabdian masyarakatnya," ujar alumni mahasiswa Tarbiyah Fakultas Agama Islam UMM ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement