Jumat 18 May 2018 02:20 WIB

Maksimalkan Panen Petani, Rindu Siapkan Program Gerbang Desa

Cawagub Uu mengklaim program ini berhasil diterapkan di Kabupaten Tasikmalaya.

Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (kiri)-Uu Ruzhanul Ulum (kanan)
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (kiri)-Uu Ruzhanul Ulum (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Calon wakil gubernur Jawa Barat (cawagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, dirinya bersama cagub Ridwan Kamil, telah menyiapkan program Gerbang Desa yang ditujukan untuk petani. Uu mengklaim program ini sudah diterapkan di Kabupaten Tasikmalaya dan berhasil.

"Melalui Gerbang Desa, Tasikmalaya berhasil mengekspor beras organik ke luar negeri dan hasil produksi padi surplus. Selain itu, kami juga pernah ekspor buah manggis ke luar negeri. Kalau Tasikmalaya bisa, kenapa tidak kita terapkan di Majalengka dan kabupaten lainnya di Jabar," ujarnya saat berkunjung ke Pasar Panjalin, Majalengka, Kamis (17/5).

Uu mengungkapkan hal itu setelah mendengar keluh kesah pedagang pasar yang mengaku daya beli masyarakat menurun, karena hasil panen petani karena kurang maksimal. Uu menjelaskan, program Gerbang Desa ini antara lain, membangun irigasi untuk mengairi sawah sampai ke pedesaan, menyediakan bibit unggul baik untuk pertanian maupun perikanan dan menjamin ketersediaan pupuk.

Selain itu, program Gerbang Desa juga akan membangun infrastruktur jalan dan jembatan. Dengan jalan yang mulus dan akses jembatan yang bagus, maka petani dapat dengan mudah membawa hasil panennya ke kota untuk dijual.

"Jika produktivitas pertanian meningkat, saya yakin daya beli pun akan meningkat. Pedagang di pasar juga tidak akan mengeluh sepi pembeli di saat panen, karena hasil panen maksimal dan petani punya uang untuk membelanjakan uangnya di pasar," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement