Jumat 11 May 2018 18:08 WIB

LSI: Gatot Figur yang Bisa Saingi Jokowi

Gatot dinilai bisa merepresentasikan figur Prabowo sekaligus Jokowi.

Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta, Rabu (28/3).
Foto: Republika/Prayogi
Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta, Rabu (28/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analisis yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo adalah figur yang bisa bersaing dengan incumbent, Joko Widodo (Jokowi), di pilpres 2019.

"PR (pekerjaan rumah) besar Gatot lebih pada persoalan tiket dukungan parpol," kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, kepada pers dalam siaran persnya, Jumat (11/5).

Dari sekian banyak nama bakal calon presiden, kata dia, Gatot punya potensi lebih. Ada tiga alasan mengapa Gatot yang paling potensial. Pertama, dari segi karakter personal figur, Gatot adalah sosok yang merepresentasikan dua karakter sekaligus, yaitu Prabowo Subianto, yang tegas dan punya potensi menjadi strong leader, serta figur Jokowi yang  sederhana dan merakyat.

"Sehingga, alasan dan keinginan rakyat yang memilih Prabowo karena sikap tegas dan nasionalisnya serta memilih Joko Widodo karena kesederhanaan dan sikap merakyatnya sudah cukup terwakili oleh sosok Gatot yang memiliki kedua karakter tersebut," papar dia.

Karena itu, lanjut Toto, jika Gatot berhasil mendapat tiket dari poros ketiga dengan mengantongi minimal 20 persen kursi DPR RI, yang akan tergerus suaranya bukan saja Prabowo, melainkan juga Jokowi. Dengan kata lain, Gatot akan menjadi "ancaman" berat untuk Jokowi dan Prabowo pada 2019 nanti.

"Apalagi, jika Gerindra dan PKS akhirnya bergabung mendukung Gatot bersama PAN, PKB, dan Demokrat," kata peneliti senior tersebut.

Alasan kedua, menurut Toto, selain karena faktor record personal sebagai mantan panglima TNI, yang getol menyuarakan semangat kedaulatan bangsa dan jaga NKRI,  Gatot juga termasuk figur yang tingkat resistensinya paling minimal.

“Jika pun itu dijadikan senjata oleh lawan politiknya, dari potret hasil survei kita kecil pengaruhnya. Isu itu bukan public intrest yang bisa menggoyahkan dia karena semua tokoh, politisi, calon presiden pasti punya kedekatan dengan pengusaha. Dan hebatnya, Gatot tak mengelak dari isu itu. Bahkan, dia mengakuinya dengan jujur,” katanya.

Alasan ketiga, tambahnya, Gatot dinilai sebagai figur yang punya kedekatan atau relatif diterima dengan baik oleh segmen pemilih mayoritas, yakni kalangan Islam, khususnya Islam konservatif yang jumlahnya cukup besar. Respons positif kalangan mayoritas ini dimulai sejak Gatot menjabat panglima TNI yang  mengambil sikap moderat pada saat mencuatnya aksi protes terhadap kasus penistaan agama oleh mantan gubernur DKI  Basuki Tjahja Purnama.

Namun, Toto menegaskan, nasib Gatot saat ini masih tergantung sejumlah parpol di luar parpol pendukung pemerintah, khusus Demokrat, PKS, dan Gerindra. Termasuk, PKB dan PAN yang terkesan masih mengintip dinamika politik ke depan jelang pendaftaraan capres dan cawapres pada Agustus mendatang.

Tugas berat Gatot lainnya, kata Toto, adalah elektabilitasnya yang masih rendah, di bawah lima persen. Toto melihat angka ini wajar karena Gatot belum mengantongi syarat hukum besi untuk menang, yaitu tingkat pengenalannya yang kurang lebih antara 45-50 persen. 

"Jika saja dalam waktu dekat ini dia bisa mendongkrak pengenalannya hingga 70 persen, apalagi 80 persen, dugaan saya elektabilitasnya sangat potensial meroket,” kata Toto.

Potensi kenaikan Gatot itu, lanjutnya, diperkuat oleh munculnya fenomena gerakan yang sudah mulai tidak nyaman dengan keadaan sosial, politik, dan ekonomi saat ini. Termasuk, masifnya gerakan tagar #2019Ganti Presiden. Namun, kekecewaan sebagian publik terhadap keadaan saat ini tidak otomatis pilihannya kepada Prabowo Subianto.

“Makanya, kalau sampai muncul figur baru di luar Prabowo dan Jokowi, dugaan saya figur itu potensial menjadi magnet yang ditunggu. Dan figur yang punya potensi menjadi magnet itu adalah Gatot Nurmantyo,” katanya.

 

photo
Elektabilitas Capres Gerindra, Prabowo Subianto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement