Kamis 10 May 2018 12:02 WIB

Dedi Ingin Asian Games Jadi Panggung Bagi Budaya Jabar

Sejumlah venue pertandingan ada yang lokasinya di Jawa Barat

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Hazliansyah
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Edi Yusuf
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menginginkan produk kebudayaan Jawa Barat bisa diperkenalkan dalam event Asian Games ke XVIII. Meskipun perhelatan olahraga terbesar di Asia Tenggara bertempat di Jakarta dan Palembang, tetapi ada sejumlah pertandingan yang digelar di Jawa Barat (Jabar).

"Ada venue yang lokasinya di Jabar, karenanya sudah selayaknya produk kebudayaan masyarakat sunda turut dipublikasikan," ujar Dedi, melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/5).

Wilayah yang jadi venue untuk Asian Games di antaranya di Subang, Majalengka, Bandung, Bogor dan Bekasi. Momentum ini, harus bisa dimanfaatkan untuk memerkenalkan produk budaya wilayah setempat. Seperti memasarkan hasil industri kreatif berbasis kultur.

Produk tersebut, lanjut Ketua DPD Golkar Jabar ini, bisa jadi cenderamata. Tak hanya itu, kesenian tradisional wilayah setempat juga bisa direkomendasikam untuk go public. Agar penonton baik penduduk lokal maupun asing bisa menikmati pertunjukan seni tradisi khas Jabar itu.

"Di kita, ada sisingaan dari Subang, ada jaipongan dari Karawang," ujarnya.

Asian Games, sambungnya, harus menjadi panggung bagi produk budaya. Meliputi kuliner, seni tradisional, serta produk kerajinan tangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement