Rabu 09 May 2018 20:11 WIB

PT KAI Siap Operasikan KA Solo Ekspres

PT KAI menggratiskan tiket perjalanan KA Solo Ekspres selama tiga hari

Rep: Andrian Saputra/ Red: Hiru Muhammad
Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, melakukan peninjauan lanjutan jelang angkutan mudik Lebaran di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (10/4).
Foto: Wahyu Suryana / Republika
Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, melakukan peninjauan lanjutan jelang angkutan mudik Lebaran di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (10/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan kereta baru dengan rute perjalanan Stasiun Solobalapan-Yogyakarta-Kutoarjo (Pulang Pergi). Kereta yang diberi nama Solo Ekspress ini rencananya akan mulai dioperasikan perdana pada Jumat (11/5). 

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menurut rencana akan meresmikan operasional kereta Solo Ekspres ini di Stasiun Solo Balapan, Solo. 

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan untuk memperkenalkan KA Solo Ekspres serta menarik minat warga menggunakan kereta baru tersebut, PT KAI menggratiskan tiket perjalanan KA Solo Ekspres selama tiga hari mulai dari hari pertama kereta tersebut beroperasi.

PT KAI akan memberikan tiket gratis untuk 200 penumpang setiap perjalanannya. Kehadiran KA Solo Ekspres menjadi alternatif pilihan bagi warga selain KA Parameks. 

KA baru ini menjadi alternatif moda transportasi kereta api bagi warga Solo, Yogya, Kutoarjo dan sekitarnya yang memerlukan waktu tempuh yang lebih cepat dan lebih nyaman dari kereta api lain dengan rute yang sama, tutur Edi pada Rabu (9/5). 

Setelah masa gratis berakhir, PT KAI akan mulai menerapkan tarif promo sebesar Rp 40 ribu untuk rute Stasiun Kutoarjo-Solobapalan (pp) dan Rp 30 ribu untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

Namun, khusus untuk perjalanan KA Solo Ekspres pada masa angkutan Lebaran yakni tanggal 5 hingga 26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp 60 ribu untuk rute Kutoarjo-Solobalapan (pp) dan Rp 45 ribu untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

Satu trainset KA Solo Ekspres dengan jenis KRDE ini terdiri dari empat kereta dengan kapasitas total 393 orang penumpang duduk dan berdiri. Dengan rute Solobalapan-Yogyakarta-Kutoarjo (PP) penumpang dapat menikmati berbagai fasilitas di KA Solo Ekspres seperti pendingin udara, TV, stop kontak, dan toilet. 

KA Ekspres juga mengakomodir penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta. Masyarakat yang ingin menggunakan KA Solo Ekspres dapat melakukan pembelian tiket di stasiun-stasiun keberangkatan secara go show.  

Untuk perjalanan perdana, PT KAI menyiapkan satu trainset KRDE yang akan melayani dua perjalanan rute Kutoarjo-Solobalapan dan dua perjalanan rute Solobalapan-Kutoarjo. PT KAI pun siap menambah perjalanan jika rangkaian KRDE lainnya sudah siap dioperasikan. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement