Senin 07 May 2018 16:28 WIB

PMI Terima Donasi Pelanggan Indomaret Rp 2,4 Miliar

Donasi untuk mendukung program Water, Sanitation, and Hygiene.

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Esthi Maharani
Palang Merah Indonesia
Palang Merah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi pelanggan Indomaret sebesar Rp 2,4 miliar. Donasi ini berasal dari pelanggan selama periode 1 November 2017 hingga 31 Januari 2018.

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan, donasi pelanggan ini diberikan untuk mendukung pelaksanaan program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH). Selain itu, donasi ini juga untuk pembangunan sarana fisik (MCK, pompa air, dan tangki air, serta pengadaan truk tangki air PMI), dan pengadaan serta peningkatan layanan ambulans PMI di empat provinsi, yaitu Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Dari keempat provinsi akan dipilih salah satu kabupaten/kota yang akan menerima bantuan dari donasi Indomaret.

"Konsumen kami tidak hanya berdonasi dengan menyisihkan uang kembalian. Banyak dari mereka yang memberikan donasinya tanpa berbelanja di toko," ujarnya saat menyerahkan donasi kepada Pelaksana Harian Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita di markas pusat PMI, Gatot Subroto, Jakarta, Senin (7/5).

Ia menjelaskan, donasi yang dilakukan konsumen tanpa paksaan dan bisa dilakukan melalui tiga cara, yaitu menyumbang dari uang kembalian, menambahkan jumlah dari uang kembalian, dan menyumbang tanpa berbelanja. Donasi ini dilakukan secara sukarela. Kasir menawarkan dan setelah disetujui konsumen kemudian mencetak jumlah donasi di struk.

Dalam kesempatan tersebut, Ginandjar mengapresiasi kepedulian masyarakat yang telah menyumbangkan donasi ke PMI.

"Dana ini akan dikelola PMI untuk digunakan membantu masyarakat dengan pembelian ambulan, mobil tangki air, dan penyediaan air bersih dengan melakukan pembangunan tandon air atau pembuatan sumur air," ujarnya.

Kerja sama antara Indomaret dan PMI ini adalah yang ketiga kalinya. Tahun 2011 dan 2013 Indomaret melalui pelanggan setianya telah memberikan donasi dengan total Rp 12 miliar untuk mendukung program kemanusiaan PMI.

Saat ini Indomaret bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia dalam Program Peduli Kanker untuk bantuan pembangunan rumah singgah bagi para penderita kanker di Lebak Bulus, Jakarta, dan pengadaan kendaraan operasional untuk pengobatan para penderita kanker. Sebelumnya, Indomaret bekerja sama dengan Komunitas Adat Terpencil untuk pembangunan sarana air bersih, MCK, dan balai pertemuan sosial di Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Landak, dan Kabupaten Sumbawa sebagai dukungan terhadap program Kementerian Sosial untuk masyarakat di kawasan terpencil.

 

Indomaret juga telah bekerja sama dengan berbagai lembaga lainnya, seperti UNICEF, Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), Yayasan ANYO Indonesia, dan Yayasan Lions Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement