Rabu 02 May 2018 06:00 WIB

Taman Satwa Cikembulan Diminati Wisatawan Asing

Taman satwa ini memiliki tempat yang asri dan koleksi binatang cukup banyak.

Jerapah bercengkerama di taman satwa (ilustrasi)
Foto: dok. Humas TSI
Jerapah bercengkerama di taman satwa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Taman Satwa Cikembulan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Termasuk juga diminati oleh wisatawan asing saat libur nasional peringatan Hari Buruh, Selasa (1/5).

Manajer Taman Satwa Cikembulan Rudy Arifin mengatakan, kunjungan wisatawan terjadi peningkatan pada libur Hari Buruh Internasional. Namun, jumlahnya tidak sebanyak pada musim libur panjang akhir pekan maupun setelah Lebaran. "Meningkat ada, tapi tidak terlalu signifikan," katanya.

Ia menuturkan, Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri. Taman satwa ini memiliki tempat yang asri dan koleksi binatang cukup banyak.

Bahkan Taman Satwa Cikembulan, dia mengatakan, sering dikunjungi oleh wisatawan asing, seperti dari India, Australia, Belanda, dan beberapa negara Eropa lainnya. "Wisatawan asing ada beberapa orang, seperti tadi saja ada dari India, kalau sebelumnya suka ada dari Australia, Belanda," katanya.

Ia mengatakan, tarif masuk wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menikmati Taman Satwa Cikembulan tidak diberlakukan perbedaan. Semuanya sama Rp 20 ribu per orang. "Tarifnya tidak dibeda-bedakan, sama saja, mau wisatawan asing, mau lokal, sama," katanya.

Ia menyampaikan, musim libur Hari Buruh Internasional tingkat kunjungan mencapai seribuan orang. Mereka yang berkunjung ke Taman Satwa Cikembulan, kata dia, kebanyakan ingin melihat binatang seperti singa dan macan, termasuk berbagai jenis burung dari 450 jenis binatang yang ada.

"Selain mencari big cat (kucing besar), yaitu harimau, singa, mereka yang datang ke sini ingin menikmati suasananya yang bersih dan tidak terlalu menyengat aroma kotorannya," katanya.

Ia menambahkan, Taman Satwa Cikembulan sudah menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Garut, selain objek wisata lainnya seperti danau dan pemandian air panas di Garut. "Saya kira Cikembulan ini sudah menjadi ikonnya Garut. Semua yang datang ke Garut ingin belok mengunjungi dulu Cikembulan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement